Cerita Mudahnya Peserta JKN-KIS Urus Perubahan FKTP Lewat PANDAWA

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 10:15 WIB
Peserta JKN-KIS
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Tika Handayani (29) menjadi salah satu peserta JKN-KIS yang merasakan manfaat adanya Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA). Warga Ampenan Kota Mataram merasa puas saat mengurus perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui PANDAWA.

"Awalnya saat saya ingin memeriksakan kandungan di Puskesmas Ampenan, ternyata saya tidak terdaftar di Puskesmas ini dan harus merubah FKTP yang sebelumnya," kata Tika dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10/2021).

"Tapi setelah diberi informasi oleh salah satu petugas di Puskesmas, saya langsung merubah FKTP tempat saya terdaftar ke Puskesmas Ampenan melalui layanan PANDAWA," imbuh ibu satu anak tersebut.

Menurut Tika, rumahnya sangat jauh dari FKTP sebelumnya yang tak memungkinkannya untuk pergi ke sana. Namun ia mengaku ternyata mengurus perubahan FKTP-nya sangat mudah serta tidak ribet dengan menggunakan PANDAWA.

"Ternyata pindah FKTP sangat mudah dan hal itu bisa dilakukan di mana saja melalui layanan PANDAWA," ujar Tika.

Tika pun mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan kemudahan kepada pesertanya. Selain itu, Tika sangat bersyukur manjadi peserta JKN-KIS karena segala biaya pengobatannya ditanggung penuh BPJS Kesehatan.

Ia mengatakan hanya tinggal menunjukkan kartu saat masuk UGD dan semua biaya rawat inap dan rawat jalannya dijamin saat ia melahirkan anak pertamanya.

"Tidak ada biaya yang saya keluarkan, semua berkat program JKN-KIS. Pelayanannya pun tidak dibedakan dengan pasien umum lainnya. Saya ingin mengucapkan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan pelayanan terbaik untuk Peserta JKN-KIS dan menjamin seluruh biaya perawatan saya sampai dengan pulih," ujarnya.

"Saya tidak bisa membayangkan seandainya saya tidak menjadi Peserta JKN-KIS, mungkin saya tidak mampu untuk menanggung biaya perawatan di rumah sakit saat saya operasi cesar dulu. Terima kasih BPJS kesehatan," tutup Tika.

(ncm/ega)