Round-Up

Misteri Juru Bicara Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 06:17 WIB
Jubir Presiden Fadjroel Rachman
Foto: Jubir Jokowi Fadjroel Rachman yang kini jadi Dubes Kazakhstan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Total 17 duta besar RI untuk sejumlah negara dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin, salah satunya adalah Fadjroel Rachman--juru bicara sang RI-1. Pascapelantikan, tersisa satu misteri.

Jokowi melantik 17 duta besar RI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (25/10/2021). Kegiatan digelar dengan menetapkan protokol kesehatan ketat.

Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan dilanjutkan pembacaan sumpah pelantikan yang khidmat.

"Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Dharma Bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah pelantikan yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh para pejabat yang dilantik.

Fadjroel Rachman, juru bicara Presiden, dilantik sebagai Dubes Kazakhstan. Dengan pelantikan Fadjroel, posisi juru bicara Presiden Jokowi kosong.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti nasib posisi juru bicara Jokowi usai Fadjroel dipastikan bakal bertugas di luar negeri. Arahan Jokowi pun masih nihil.

"Sampai saat ini belum ada arahan Presiden. Selain itu di istana sudah ada Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, dan KSP," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin kepada wartawan, Senin (25/10).

Fadjroel pernah ditanya detikcom soal hal ini dan dia mengatakan keputusan terkait penunjukan jubir merupakan hak Presiden Jokowi. Fadjroel yakin Jokowi sudah mempersiapkan yang terbaik.

"Presiden pasti sudah mengatur rencana terbaik untuk membantu beliau," kata Fadjroel, Jumat (22/10).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Pemeran Gunther di Serial 'Friends' Meninggal Dunia

[Gambas:Video 20detik]