LRT Tabrakan, Masinis Luka Ringan

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 17:39 WIB
Kecelakaan terjadi saat rangkaian light rail transit (LRT) diujicobakan pada hari ini. Insiden itu terjadi di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim).
Kecelakaan terjadi saat rangkaian light rail transit (LRT) diujicobakan pada hari ini. Insiden itu terjadi di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim). (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

PT INKA menjelaskan masinis kereta light rail transit (LRT) yang tabrakan di Munjul, Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim), mengalami luka ringan. Saat ini si masinis sudah berada di rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Dalam konferensi pers daring di YouTube PT INKA, Senin (25/10/2021), PT INKA bersyukur atas kondisi masinisnya. Pihak PT INKA juga menyampaikan masinis dalam kondisi sadar saat dievakuasi dari tempat kejadian perkara (TKP).

"Masinisnya alhamdulillah tidak apa-apa. Ya luka ringan dan sekarang di rumah sakit. Masih sadar," kata Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro dalam konferensi pers daring di YouTube PT INKA.

PT INKA menuturkan pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan investigasi terkait LRT tabrakan ini. Investigasi oleh KNKT disebut sebagai langkah lanjutan.

"Tim dari KNKT akan datang, proses untuk investigasi," ucap Budi.

Sebelumnya, kronologi kecelakaan ini disampaikan PT INKA, di mana tabrakan melibatkan trainset 20 dan trainset 29 LRT Jabodebek. Kecelakaan terjadi antara Stasiun Ciracas dan Stasiun Harjamukti.

LRT tabrakan ini terjadi saat pengujian. Rencananya, trainset 29 itu akan diuji tim dari Ditjen Kereta Api Kementerian Perhubungan.

PT INKA menyebut rangkaian kereta untuk LRT itu tersebar di sepanjang jalur di antara dua stasiun tersebut. Dia mengatakan rangkaian LRT 29, yang akan dicek Kemenhub besok, kemudian dipindah.

Kecelakaan kemudian terjadi saat trainset 29 dari Ciracas hendak menuju Harjamukti. Tabrakan diduga terjadi karena langsiran terlalu cepat.

(aud/fjp)