Kapolres Lutra Diduga Rekayasa Polisi Tembak Buron 5 Kali Diperiksa Propam

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 16:16 WIB
Mapolda Sulsel (Hermawan/detikcom).
Mapolda Sulsel (Hermawan/detikcom)
Luwu Utara -

Kapolres Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), AKBP Irwan Sunuddin diperiksa Propam Polda Sulsel terkait anggotanya menembak buron berinisial IL (30) sebanyak 5 kali hingga kritis. Irwan diduga merekayasa laporan soal IL melawan saat akan ditangkap.

"Turut menjadi terperiksa Kapolres Lutra AKBP Irwan Sunuddin," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (25/10/2021).

Zulpan tak memerinci kapan persisnya AKBP Irwan diperiksa Propam. "Yang jelas sudah diperiksa," ucap Zulpan.

Zulpan menyebut Irwan diperiksa Propam karena diduga merekayasa laporan penembakan tersebut. Laporan hasil rekayasa tersebut kemudian dilaporkan ke Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam.

"Kapolresnya yang pertama tidak memberikan laporan yang sebenarnya kepada pimpinan Polda dalam kurung merekayasa laporan," beber Zulpan.

Salah satu laporan yang diduga direkayasa ialah IL disebut melakukan perlawanan saat hendak ditangkap, meski kenyataannya tidak ditemukan perlawanan.

"Iya itu (tidak ada perlawanan namun laporan menyebutkan terjadi perlawanan) dikatakan rekayasa," katanya.

Selanjutnya, kata Zulpan, Kapolres Lutra juga disebut tidak mencari kebenaran laporan kejadian, baik memeriksa dokumen maupun melihat fakta yang sesungguhnya terjadi di lapangan.

"Kemudian tidak memberikan informasi yang benar saat press rilis dan kepada pimpinan Polda. Jadi dia sudah merilis tapi dengan versi rekayasa laporan ke kapolda juga, tapi versi rekayasa," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kasat Reskrim Lutra AKP Amri dan sejumlah bawahannya dalam jajaran Resmob Polres Lutra juga diperiksa Propam akibat penembakan sebanyak lima kali terhadap buron berinisial IL alias Lago (30).

Khusus Amri dan dua bawahannya bahkan dimutasi ke Polda Sulsel agar memudahkan
proses pemeriksaan Propam.

(hmw/nvl)