detikcom Do Your Magic

Perbaikan Permanen Tanggul Kawasan Hek Kramat Jati Dilanjut

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 12:31 WIB
Perbaikan permanen tanggul Kali Baru di kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldi P/detikcom)
Perbaikan permanen tanggul Kali Baru di kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldi P/detikcom)
Jakarta -

Kerusakan tanggul di beberapa titik sekitar pertigaan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur mulai diperbaiki secara permanen. Masalah tanggul jebol ini juga turut menjadi sebab genangan di Jl Raya Bogor pertigaan Hek tersebut.

Pembangunan perbaikan tangul ini dilakukan setelah pembangunan tanggul di dekat perumahan Bulak Rantai selesai, sekitar 300 meter dari pertigaan Hek.

Untuk saat ini, Senin (25/10/2021), tanggul yang sedang diperbaiki pasukan biru petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur (Sudin SDA Jaktim) ada di Jalan Rahayu, RT 01/04, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pantauan detikcom di lokasi perbaikan tanggul, para pekerja yang berasal dari Sudin SDA Jaktim mulai bergerak untuk membersihkan area kali dan membawa peralatan lainnya untuk proses pengerjaaan.

Karung goni yang berisikan pasir didalamnya ikut diangkut ke bagian tanggul hek untuk proses pengerjaan. Satu gerobak lainnya membawa batu bata dan peralatan lainnya untuk segera di kerjakan. Para petugas juga dilengkapi dengan seragam lengkap dan sepatu bot untuk dapat masuk ke area pengerjaan tanggul tersebut.

Agung salah satu petugas sudin SDA Jakarta Timur mengatakan bahwa pengerjaan tanggul Hek sendiri sudah dimulai sejak dua bulan lalu. Akan tetapi, dalam pengerjaannya terdapat beberapa pembagian area sehingga tidak bisa sekaligus mulai dan selesai di banyak titik kawasan Hek ini.

"Ini akan kita buat tinggi lagi sekitar 20 cm lagi lah, kira-kira segitu. Tujuannya agar tanggul ini dapat menampung air yang melintas dari bogor masuk ke sini," kata Agung.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kawasan Jl Raya Bogor tepatnya di perempatan Hek Kramat Jati sering tergenang air limpasan dari Kali Baru. Penyebabnya, tanggul di dekat lokasi ini jebol. Jebolan tanggul ada di sisi sungai dan di tembok kios pinggir Kali, yakni kios percetakan Muara Jaya Advertising.

Sampai saat ini, tanggul yang persis di dekat pertigaan Hek Kramat Jati masih berupa karung-karung tanah dan kayu-kayu. Itu adalah konstruksi penanganan sementara sebelum perbaikan permanen sampai di titik ini.

(dnu/dnu)