Dilantik Jokowi, Fadjroel Rachman Resmi Jadi Dubes Kazakhstan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 09:34 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Duta Besar RI untuk beberapa negara sahabat. Total ada 17 Dubes RI yang dilantik hari ini.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (25/10/2021). Kegiatan digelar dengan menetapkan protokol kesehatan ketat.

Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan.

Setelah itu, Jokowi memimpin pembacaan sumpah pelantikan para pejabat yang dilantik. Acara pelantikan berlangsung khidmat.

"Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Dharma Bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah pelantikan yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh para pejabat yang dilantik.

Dari daftar Dubes yang dilantik, ada nama Fadjroel Rachman yang sebelumnya menjabat sebagai jubir Presiden. Fadjroel kini menjadi Dubes Kazakhstan.

Selain itu, ada juga Rosan Roeslani yang dilantik menjadi Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS).

(knv/tor)