Ganjil Genap di Tomang, Puluhan Kendaraan Pelat Genap Diberhentikan

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 08:53 WIB
Ganjil genap di Traffic Light Tomang, Jakarta Barat (Karin Nur Secha/detikcom)
Foto: Ganjil genap di Traffic Light Tomang, Jakarta Barat (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Kawasan ganjil genap (gage) di Jakarta diperluas menjadi 13 titik. Salah satu titik baru ganjil genap berada di Traffic Light (TL) Tomang, Jakarta Barat.

Pantauan detikcom pukul 08.15 WIB di lokasi, Senin (25/10/2021) puluhan pengendara diberhentikan oleh petugas. pemobil yang diberhentikan oleh petugas adalah yang berpelat genap.

"Untuk hari pertama ini dari pagi 06.00 WIB sudah sekitar 30 unit kendaraan yang sudah kita stop kita ambil tindakan berupa teguran, imbauan. Untuk sementara hari pertama, untuk selanjutnya kita ambil tindakan," ujar Iptu Karta Kaniturjawali Jakarta Barat saat ditemui di lokasi.

Karta mengatakan penerapan ganjil-genap di hari pertama masih banyak pengendara yang belum mengetahui aturan tersebut. Ini dikarenakan TL Tomang menjadi lokasi baru penerapan ganjil genap.

"Alasan mereka rata-rata tidak tahu dan ada juga sebagian emergency nganter ke Darmais dan Harapan Kita, ya kita prioritaskan kalau orang sakit ya karena memang sakit kita prioritaskan," katanya.

Penerapan ganjil-genap di TL Tomang dimulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB pada hari Senin-Jumat. Khusus wilayah Jakarta Barat, akan diterapkan penilangan pada hari Kamis mendatang.

Sejumlah jalan yang termasuk TL Tomang di antaranya Jalan S Parman menuju Jalan Tomang Raya dari arah Slipi serta dari Jalan S Parman menuju Jalan Tomang Raya dari arah Grogol.

13 Titik

Diketahui kawasan ganjil-genap di Jakarta diperluas menjadi 13 titik. Ganjil-genap itu mulai berlaku hari ini.

"Tiga belas kawasan ini akan berlaku mulai Senin 25 Oktober 2021," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Ganjil-genap ini berlaku pada Senin-Jumat pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB. Adapun pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, aturan ganjil-genap tidak berlaku.

Berikut ini daftar lokasinya:

- Jl Sudirman
- Jl MH Thamrin
- Jl Rasuna Said
- Jl Fatmawati
- Jl Panglima Polim
- Jl Sisimgangaraja
- Jl MT Haryono
- Jl Gatot Subroto
- Jl S Parman
- Tomang Raya
- Jl Gunung Sahari
- Jl DI panjaitan
- Jl Ahmad Yani

Simak video 'Hari Pertama Gage di Fatmawati, Puluhan Mobil Diberhentikan':

[Gambas:Video 20detik]




(ain/isa)