Sekjen MPR Harapkan Perspektif Insan Media pada Diskusi Kebangsaan

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 22:03 WIB
Sekjen MPR Maruf Cahyono
Foto: MPR
Jakarta -

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono berharap Press Gathering Pimpinan MPR dan Koordinatoriat Wartawan Parlemen menjadi forum untuk membangun kebersamaan. Menurutnya, dengan kebersamaan akan bisa tercapai pemahaman yang sama.

"Press Gathering ini agar menjadi forum yang benar-benar gathering. Jadi forum untuk membangun kebersamaan. Dengan kebersamaan maka ada hal-hal yang bisa dipahami bersama," kata Ma'ruf dalam keterangannya, Minggu (24/10/2021).

Ma'ruf menjelaskan Press Gathering merupakan kegiatan rutin yang dilakukan MPR, juga menjadi rutin dilakukan oleh DPR dan DPD. Ia mengungkap Press Gathering Pimpinan MPR dan Koordinatoriat Wartawan Parlemen yang berlangsung Sabtu (23/10) di Bandung ini diikuti sebanyak 90 insan media dari media cetak, online, dan elektronik.

"Selama 25 tahun saya mengabdi di MPR, saya merasakan insan-insan media ini sudah seperti saudara-saudara saya," tuturnya.

Lebih lanjut, Ma'ruf menjelaskan kegiatan Press Gathering ini diisi dengan diskusi bertema 'Haluan Negara Sebagai Kaidah Penuntun Pembangunan Nasional'.

"Tema diskusi cukup menarik. Ini adalah diskusi kebangsaan. Wartawan Parlemen di Senayan sudah terbiasa dengan diskusi kebangsaan. Mereka adalah insan-insan kebangsaan semua," ungkapnya.

Oleh karena itu, Ma'ruf berharap Pimpinan MPR dan anggota MPR bisa berdiskusi dan berinteraksi dengan wartawan parlemen terkait tema diskusi kebangsaan. Ia pun mengharapkan peran serta dari insan media untuk memberikan pandangan-pandangannya terkait diskusi kebangsaan. Sebab, Ma'ruf menilai insan media memiliki daya kritis dan bisa melihat berbagai aspek terkait tema diskusi ini.

"Dari diskusi kebangsaan ini, maka kita akan semakin kaya dengan perspektif tentang tema ini. Kita harapkan peran serta dari insan media dengan pandangan-pandangannya. Karena mereka biasanya kritis dan bisa melihat berbagai aspek terkait tema ini," papar Ma'ruf.

Ma'ruf pun berharap agar Pimpinan MPR dan Anggota MPR serta insan media dapat memanfaatkan forum ini. Ia menilai diskusi kebangsaan dalam Press Gathering ini telah sesuai dengan tugas MPR sebagai lembaga yang menyerap aspirasi masyarakat.

Adapun wacana dan dinamika yang berkembang dalam diskusi ini merupakan bagian dari aspirasi masyarakat.

"Ini bukanlah kesepakatan politik. Tetapi ini adalah bahan diskusi sehingga pembahasan bisa dilakukan dengan bebas," ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang berlangsung di The Trans Luxury Hotel Bandung ini dibuka oleh Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Anggota MPR Fraksi PKS, Ledia Hanifa Amaliah, Anggota MPR Fraksi Demokrat, Siti Mufattahah, Anggota MPR Fraksi PKB, Yanuar Prihatin, dan Anggota MPR Fraksi PKB, Farida Hidayati.

Hadir pula Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Siti Fauziah, Plt Kepala Biro Pemberitaan Setjen DPR RI Djoko Anggoro, Kepala Biro Protokol Humas dan Media Setjen DPD Mahyu Darma, dan Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Marlen Erikson Sitompul.

(ega/ega)