Sempat Buka-Tutup Dampak Longsor, Jalan Medan Arah Berastagi Kembali Normal

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 16:18 WIB
Longsor yang terjadi di Kecamatan Sibolangit, Sumut, menimpa mobil hingga ringsek. Tiga orang penumpang mobil dilaporkan tewas akibat longsor tersebut.
Longsor yang terjadi di Kecamatan Sibolangit, Sumut, menimpa mobil hingga ringsek. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)
Medan -

Petugas telah mengevakuasi sejumlah material longsor yang terjadi di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Petugas pun kembali membuka jalan dua arah pasca-pemberlakuan sistem buka-tutup.

"Sudah normal kembali," kata Wakasatlantas Polrestabes Medan Kompol Edward Saragih dimintai konfirmasi, Minggu (24/10/2021).

Edward menyebutkan petugas telah mengevakuasi material longsor. Petugas pun telah membawa satu unit mobil yang tertimpa longsoran ke Polsek Pancurbatu.

"Untuk material longsor seperti batu, tanah dan pohon sudah diangkat dan mobil Xenia milik warga sudah di bawa ke Polsek Pancurbatu dan arus lantas sekarang sudah normal kembali," ucap Edward.

Edward mengimbau masyarakat, juga pengguna jalan, bahwa curah hujan sejak kemarin sangat tinggi. "Kami dari Kepolisian meminta kepada masyarakat agar tetap berhati-hati di jalan dan tetap waspada serta ikuti rambu-rambu lalu lintas."

Sebelumnya, polisi pun melakukan buka-tutup jalan sembari membersihkan material longsor.

Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar mengatakan ada dua titik longsoran. Bebatuan yang ada di pinggir tebing pun masih terlihat menggantung.

Sonny menyebutkan pihaknya melakukan buka-tutup di sekitar lokasi kejadian. "Jalur kami lakukan buka-tutup, petugas masih melakukan pembersihan. Kami imbau yang tidak berkepentingan mendedak agar tidak melakukan perjalanan dari Medan ke Berastagi atau sebaliknya," sebut Sonny.

Untuk diketahui, tanah longsor terjadi di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), hingga menimpa satu unit mobil. Akibatnya, 3 penumpang dilaporkan tewas.

"Tiga orang meninggal dunia. Dua orang luka-luka," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny Siregar, saat dimintai konfirmasi, Minggu (24/10).

Sonny mengatakan peristiwa longsor itu tepatnya terjadi di Jl Jamin Ginting Km 36 Tikungan Tirtanadi Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sabtu (23/10) malam.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Penampakan Longsor di Polman Sulbar yang Tutup Akses Jalan':

[Gambas:Video 20detik]