Galian Tambang di Kukar Longsor, 2 Orang Pekerja Tertimbun Material

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 14:55 WIB
Lokasi tanah longsor yang terjadi di area tambang di Kabupaten Kukar
Lokasi tanah longsor yang terjadi di area tambang di Kabupaten Kukar. (Dok Barsanas Kaltim)
Kutai Kartanegara -

Dua pekerja dinyatakan hilang setelah bencana tanah longsor menimpa area pertambangan milik PT Kaltim Batu Manunggal di Kecamatan Loa Janan, Desa Air Panas, Teluk Dalam, Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, pada Minggu dini hari (25/10/2021) pukul 02.00 Wita.

"Kami menerima informasi pukul 09.00 Wita dari Yusdi, Kepala Bagian HRD PT KBM Kukar, dan dari musibah itu ada dua korban yang terjebak longsor," jelas Kepala Basarnas Kaltim, Melkianus Kotta, saat dikonfirmasi, Minggu (25/10/2021).

Dua pekerja, yakni Sugiharto (50) dan Paiman (48), dikabarkan terbawa tanah longsor ketika berada di dalam mobil. Saat kejadian, keduanya pun dinyatakan hilang lantaran masuk ke kolam galian tambang.

"Korban berada di dalam mobil atas nama Sugiarto dan Paiman, kemudian terseret longsor masuk ke dalam kolam galian tambang," terangnya.

Menerima laporan tersebut, tim rescue dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Kaltim tengah berada di lokasi guna melakukan pencarian terhadap kedua korban yang terseret longsor.

"Kami berangkatkan satu tim rescue dari Balikpapan, dengan membawa peralatan SAR pagi ini dan diperkirakan sampai di lokasi sekitar 12.10 Wita," Kata Melky.

Hingga saat ini, pencarian masih terus dilakukan Basarnas Kaltim di area tambang lokasi kedua korban tertimbun longsor.

Simak juga 'Tambang Emas Ilegal di Sumbar Longsor, 8 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)