Ganjil-Genap Menuju Ragunan, 74 Mobil Diputar Balik Petugas

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 12:56 WIB
Jakarta -

Sebanyak 74 mobil yang hendak masuk ke area parkir Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel), diputarbalikkan petugas karena pelat nomor tidak sesuai hingga siang ini. Seperti diketahui, diberlakukan aturan ganjil-genap di lokasi-lokasi wisata.

Plt Komandan Regu (Danru) Satuan Pelaksana (Satpel) Kecamatan Pasar Minggu Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Irfan, mengatakan 74 mobil itu diputar balik karena berpelat nomor ganjil. Hari ini mobil yang diperbolehkan masuk ke Ragunan adalah mobil berpelat genap.

"Ya kita putar balik karena pelat nomornya ganjil. Sesuai ketentuan hari ini, yakni pelat nomor yang boleh masuk yang genap. Sampai siang ini ada kurang-lebih 74 mobil," ujar Irfan saat ditemui detikcom di Pintu Masuk Utama Ragunan, Minggu (24/10/2021).

Irfan menyebut pengunjung yang tidak menggunakan pelat nomor 'B' tetap diperbolehkan masuk. Nantinya, petugas keamananlah yang akan memeriksa KTP pengunjung di loket tiket.

"Untuk di sini, yang selain berpelat B tetap boleh asalkan sesuai ganjil-genap. Untuk urusan masuk, dia KTP DKI atau bukan itu di dalam. Apakah dia dibolehkan masuk atau tidak," kata Irfan.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 11.30 WIB, tampak 3 petugas Dishub berjaga di titik ganjil-genap di depan pintu masuk utama Ragunan. Terlihat petugas memutarbalikkan sejumlah mobil yang berpelat nomor ganjil.

Arus lalu lintas di Jl Harsono, Jakarta Selatan, terpantau ramai lancar. Antrean kendaraan hanya terjadi saat hilir-mudik dari arah Terminal Ragunan hendak melintas di Jl Harsono.

Tampak ada plang ganjil-genap di pintu masuk utama Ragunan bertulisan 'Hari Ini Kendaraan Nomor Genap'. Sejumlah mobil langsung diputar balik di depan pintu masuk utama Ragunan.

Salah satu warga, Riski, mengaku kecewa tidak bisa masuk ke Ragunan karena mobilnya berpelat nomor ganjil. Dia terpaksa parkir di luar area Ragunan kemudian lanjut berjalan kaki.

"Ya kecewalah. Ya paling saya cari parkir dulu di luar. Nanti ke dalam jalan kaki. Saya kan udah beli tiket." ujar Riski.

(rak/aud)