Kronologi Ibu-Bayi Tertimpa Reruntuhan Rumah di Jakbar hingga Tewas

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 10:14 WIB
Jakarta -

Seorang ibu bernama Ita (40) dan bayinya yang tertimpa reruntuhan rumah di Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar), ditemukan dalam posisi berpelukan. Begini kronologi rumah ambruk hingga proses evakuasi kedua korban

Petugas damkar menerima informasi dari warga sekitar bahwa sebuah rumah di Jalan Satu Mare RT 01 RW 03, Kalideres, runtuh. Warga sekitar juga berusaha menghubungi korban, Ita, tapi tak mendapatkan respons.

Petugas damkar sampai di TKP pukul 22.03 WIB. Damkar menerima informasi dari warga bahwa kemungkinan ada seorang ibu dan anaknya yang berada di dalam rumah saat rumah ambruk.

Petugas memindahkan sejumlah barang yang menghalangi jalan menuju reruntuhan. Damkar kemudian melihat kaki di sekitar reruntuhan.

Setelah ditelusuri, petugas Damkar menemukan ibu dan bayi dalam posisi berpelukan.

"Anggota mencoba mencari dan menemukan kaki yang terlihat kemudian mencoba menggali bersama. Pada saat diketemukan, si anak masih ada denyut dan napas," ujar Humas Dinas Gulkarmat Mulat Wijayanto kepada wartawan, Minggu (24/10/2021).

Karena tidak ada ambulans, petugas damkar kemudian mengevakuasi sang bayi ke RSUD Kalideres naik motor. Namun, belum sempat mendapatkan penanganan medis, sang bayi meninggal dunia.

"Sesampai di RSUD Kalideres ternyata sudah menghembuskan nafas terakhirnya," imbuh Mulat.

Petugas Damkar berusaha mencari tabung oksigen untuk membantu sang ibu bernafas. Karena lambatnya penanganan, nyawa sang ibu tidak tertolong.

"Sehingga si ibu karena lambatnya penanganan menghembuskan nafas terakhirnya," ucapnya.

(isa/dhn)