Jokowi Beri Ucapan di HUT ke-57 Golkar: Semakin Solid dan Berakar Kuat

Kadek Melda - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 23:19 WIB
6 Pujian Profesor Singapura soal Kejeniusan Jokowi
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat dalam perayaan hari ulang tahun ke-57 Partai Golkar. Jokowi yakin dengan bertambahnya usia, Partai Golkar akan semakin solid tumbuh berarakar kuat dan mengayomi.

"Pertama-tama saya menyampaikan selamat ulang tahun ke-57 kepada seluruh keluarga besar Partai golongan karya dari sabang sampai Merauke, dari Niamar samapai pulau Rote," kata Jokowi melalui sambungan virtual di acara puncak HUT Golkar, Sabtu (23/10/2021).

"Saya percaya dalam usia yang semakin matang dan berpengalaman, Partai Golkar akan semakin solid untuk berkarya bagi bangsa dan negara meraih kemenangan untuk Indonesia Maju. Dengan kekompakan para kader yang tersebar di seluruh tanah air, Partai Golkar tumbuh berakar kuat, menjulang tinggi, sebagaimana pohon beringin yang mengayomi dan memberikan keteduhan," lanjutnya.

Jokowi menyampaikan banyak hal yang dapat dijadikan pembelajaran selama pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 menurut Jokowi, merupakan sebuah ujian ketangguhan terhadap sistem dan kelembagaan Indonesia, baik kelembagaan ekonomi maupun politik.

"Pandemi COVID-19 telah mengajarkan banyak kepada kita. Pentingnya respon cepat, respon yang tepat, yang bisa menjangkau dan melindungi masyarakat di seluruh pelosok tanpa terkecuali. Pandemi juga sebuah ujian ketangguhan sistem dan kelembagaan di negara kita. Baik kelembagaan pemerintahan, kelembagaan ekonomi maupun kelembagaan politik," ujarnya.

Lebih lanjut Jokowi yakin Partai Golkar memiliki semangat belajar menghadapi keadaan selama pandemi COVID-19. Dia berharap apa yang kurang dapat diperbaiki dan yang lemah diperkuat oleh Partai Golkar.

"Karena di saat pandemi ini kita menghadapi dua krisis global dalam waktu bersamaan. Krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Saya yakin dengan semangat belajar dari pandemi, partai Golkar juga belajar. Apa yang kurang, yang harus diperbaiki, apa yang lemah yang harus diperkuat agar Partai Golkar bisa terus berkarya untuk kepentingan rakyat," imbuhnya.

(aik/aik)