Deretan Ritual Pindah Agama Hindu yang Bakal Dijalani Sukmawati Soekarnoputri

Sui Suadnyana - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 17:03 WIB
Potret Sukmawati Soekarnoputri sempat mengikuti ritual Agama Hindu (Dok. Arya Wedakarna)
Potret Sukmawati Soekarnoputri sempat mengikuti ritual Agama Hindu (Dok. Arya Wedakarna)

Sebelumnya, penanggung jawab upacara, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa, membenarkan Sukmawati Soekarnoputri bakal menjalani prosesi Sudhi Wadani atau pindah ke agama Hindu di Bali. Menurutnya, pemilihan tempat Bale Agung Singaraja merupakan perintah langsung dari Sukmawati Soekarnoputri. Tempat dipilih karena ada kaitannya dengan neneknya atau ibunda Sukarno, yakni Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

"Ya sudah disiapkan cukup lama, ya nanti tanggal 26 Oktober minggu depan acara Sudhi Wadani-nya, tempatnya di Balai Agung di Singaraja," kata Wedakarna, saat dimintai konfirmasi, Jumat (22/10).

Dia menuturkan Sukmawati lahir memeluk agama Islam, termasuk suaminya. Kepindahan Sukmawati Soekarnoputri ke pangkuan dharma disebut untuk kembali ke pangkuan neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

"Dulu nenek beliau kan ada yang Hindu begitu kan. Jadi kembali ke pangkuan Hindu Dharma, jadi justru beliau yang menyarankan. Tokoh-tokoh Bali juga menyarankan jadi untuk menjaga kebinekaan kita," jelas Wedakarna.


(haf/haf)