Polda Sulsel Ungkap Tersangka Tak Melawan Saat Ditembak Polisi 5 Kali-Kritis

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 11:44 WIB
Mapolda Sulsel (Hermawan/detikcom).
Mapolda Sulsel (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengakui pria inisial IL (30) tak melakukan perlawanan saat ditembak lima kali oleh Resmob Polres Luwu Utara (Lutra). Penembakan tersebut kemudian berujung Kasat Reskrim Polres Lutra AKP Amri dicopot dari jabatannya dan diproses Propam Polda Sulsel.

"Saat itu sebenarnya tersangka IL ini tidak melakukan perlawanan," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Zulpan mengatakan penembakan tersebut jelas-jelas merupakan tindakan ilegal oleh oknum aparat, sehingga mereka yang terlibat atau yang seharusnya bertanggung jawab kini tengah diproses Propam Polda Sulsel.

"Itu dianggap merupakan tindakan yang berlebihan dengan menggunakan kekerasan yang berlebihan terhadap tersangka," kata dia.

"Sehingga ini tentunya tidak dibenarkan apabila seseorang tersangka tidak melakukan perlawanan kemudian aparat melakukan penembakan bahkan sampai lima kali," tegasnya.

Korban Sempat Kritis

Akibat penembakan tersebut, IL hingga kini masih dirawat di RS Andi Djemma, Masamba, Lutra, sejak ditembak pada Sabtu (9/10). IL bahkan sempat kritis di RS.

"Bahkan hampir saja terancam keselamatan jiwanya kan, kritis kan," ujar Zulpan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Heboh Oknum Dishub Gowa Sulsel Pungli ke Sopir Pikap

[Gambas:Video 20detik]