Mahfud Ungkap Instruksi Jokowi: Jadwal Pemilu Sesuai UU, Jangan Berpolitik

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 21:10 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud Md (Dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md bertemu dengan tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027. Mahfud mengatakan agenda pemerintah Pemilu 2024 harus tetap digelar.

Pertemuan Mahfud dengan tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu di kantornya, yang disiarkan akun YouTube Kemenko Polhukam, Jumat (22/10/2021). Seusai pertemuan, Mahfud mengatakan tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu independen.

"Ke sini tetap dalam kerangka independensi itu, justru karena ini independen datang ke sini, kami akan lakukan profiling, kami akan ini, akan objektivitas, dan sebagainya sehingga kita nyatakan pemerintah kalau itu urusan pemilu sudah bertekad akan betul-betul netral, adil, dan tidak memihak," kata Mahfud.

Tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu terdiri atas 11 orang. Mahfud mengatakan tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu sudah teruji dan kredibel.

"Oleh sebab itu, sejak pembentukan KPU-Bawaslu, serta panselnya, kita juga pilih orang-orang yang kredibilitasnya sudah diuji dan inilah sekarang orang-orangnya," ujarnya.

Mahfud kemudian mengatakan agenda pemerintah sudah jelas bahwa Pemilu 2024 tetap harus digelar sesuai kalender konstitusi dan undang-undang. Hal itu, menurut Mahfud, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Cuma saya ingin tegaskan dengan pemerintah membentuk Pansel KPU dan Bawaslu, dan dengan telah aktif mengusulkan tanggal pemilu, tanggal pemungutan suara tahun 2024, berarti pemerintah agendanya jelas, tahun 2024 itu pemilu harus dilaksanakan, sesuai kalender konstitusional, dan kalender undang-undang," ucap Mahfud.

"Instruksi presiden kepada kami, buat jadwal pemilu sesuai dengan yang ditentukan undang-undang, jangan berpolitik di luar itu. Nah wujudnya sudah ada bapak-bapak dan ibu-ibu (Pansel KPU dan Bawaslu)," imbuhnya.

Simak juga video 'Proses Seleksi Anggota KPU-Bawaslu Digelar Terbuka untuk Publik':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.