3 Cara Pastikan Data Hasil PCR & Antigen Muncul di PeduliLindungi

Erika Dyah - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 20:37 WIB
Penumpang bus AKAP yang akan mudik dan kembali dari kampung halaman antre menjalani tes cepat antigen di Terminal Terpadu Pulo Gebang,  Jakarta Timur, Selasa (18/5/2021). Penumpang yang hasil tesnya reaktif wajib menjalani isolasi mandiri di ruangan yang disediakan di terminal sebelum menjalani tes usap PCR dan dibawa ke rumah sakit bila positif Covid-19.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengembangkan dan memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Tak hanya digunakan untuk check in di tempat umum, aplikasi PeduliLindungi juga memuat informasi Paspor Digital untuk para pelaku perjalanan.

Dalam fitur Paspor Digital, tertera informasi mengenai sertifikat vaksin seseorang, serta data yang menunjukkan hasil PCR maupun antigen bagi para pelaku perjalanan. Nantinya, hal ini menjadi syarat yang harus dipenuhi agar perjalanan antarkota maupun antarpulau bisa dilakukan, sesuai dengan aturan yang berlaku dari pemerintah.

"Tujuan terintegrasinya hasil tersebut di aplikasi PeduliLindungi karena untuk menjamin keaslian dan menghindari pemalsuan surat hasil laboratorium," dikutip dari situs Indonesiabaik.id, Jumat (22/10/2021).

Meski begitu, tidak semua hasil tes PCR maupun antigen yang Anda lakukan di laboratorium bisa keluar pada aplikasi PeduliLindungi. Untuk memastikan data tersebut tertera di fitur Paspor Digital PeduliLindungi Anda dan membuat perjalanan Anda lancar, pastikan beberapa hal berikut ini.

  1. Pemeriksaan dilakukan di laboratorium yang sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan (Dinkes) masing-masing wilayah
  2. Petugas di laboratorium harus menginput hasil laboratorium pada aplikasi NAR (New All Record) Kementerian Kesehatan
  3. Apabila sudah melakukan cek di laboratorium terdaftar namun hasil swab antigen maupun PCR masih belum muncul, bisa dicek di website PeduliLindungi (PeduliLindungi.id) dengan memasukkan nama dan NIK.

Itu dia 3 cara yang bisa dilakukan untuk memastikan data hasil PCR/Antigen Anda tertera di aplikasi PeduliLindungi. Demi keamanan dan kenyamanan, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat bepergian di tengah pandemi.

Lihat juga video 'QR Code PeduliLindungi Terintegrasi Puluhan Aplikasi, Keamanan Dijamin!':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)