HUT Ke-22, KKP Gelar Donor Darah-Bagikan Ikan Segar untuk Warga

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 14:38 WIB
KKP
Foto: KKP
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar bakti sosial donor darah dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-22. Pada acara tersebut, KKP turut menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan donor darah dilaksanakan hari ini di Ruang Cakalang Lantai 1, Gedung Mina Bahari III, sejak pagi hingga sore hari nanti. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pelaksanaan donor darah sebagai wujud syukur sekaligus rasa solidaritas pegawai KKP kepada masyarakat, khususnya mereka yang tengah membutuhkan transfusi darah.

Dia juga mendorong agar kegiatan donor darah rutin dilakukan. Hal ini agar seluruh jajaran KKP bisa mulai menekuni gaya hidup sehat.

"Terima kasih ya (sudah mendonor). Semua sehat-sehat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

Trenggono berharap melalui kegiatan sosial donor darah, KKP dapat menambah dan memenuhi stok darah PMI guna membantu masyarakat yang membutuhkan, terlebih di masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Media Doni Ismanto menjelaskan kegiatan donor darah merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-22 KKP. Selain donor darah, kegiatan sosial lain di antaranya pembagian ikan segar kepada masyarakat.

"Salah satu tujuan perayaan HUT ke-22 KKP adalah untuk menjalin hubungan yang harmonis antara para pegawai dengan masyarakat. Karena itu sejumlah aksi sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dijalankan, salah satunya donor darah ini," kata Doni yang juga Ketua Pelaksana Perayaan Internal HUT ke-22 KKP.

Sebagai informasi, nantinya sampel darah akan didistribusikan oleh PMI ke sejumlah rumah sakit dan orang-orang yang membutuhkan. Menurut salah satu Tim Medis yang bertugas, setelah sampel dibawa ke Laboratorium ada pemeriksaan hepatitis, HIV, serta penyakit menular lainnya. Kemudian darah akan diolah sesuai permintaan dari rumah sakit.

(ega/ega)