Gempa Blitar Hari Ini Berpusat di Malang, Berikut Infonya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 12:59 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Gempa Blitar Hari Ini Berpusat di Malang, Berikut Infonya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Jakarta -

Gempa Blitar hari ini berpusat di Malang. Diketahui bahwa gempa yang mengguncang Malang ini juga terasa sampai ke beberapa daerah di sekitarnya termasuk Blitar.

Menurut informasi dari BMKG, gempa terjadi pada hari ini Jumat 22 Oktober 2021 pada pukul 09.21 WIB. Untuk saat ini, belum ada informasi mengenai kerusakan ataupun korban yang disebabkan oleh gempa tersebut.

Berikut informasi lainnya mengenai gempa Blitar hari yang sudah kami rangkum.

Gempa Blitar Hari Ini: Berkekuatan Magnitudo 5.3

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berpusat di laut selatan Kota Kepanjen. Gempa tersebut diketahui berkekuatan magnitudo 5.3. Gempa berasal dari kedalaman 33 KM, di 8.84 Lintang Selatan dan 112.51 Bujur Timur.

Selain itu, BMKG juga menginformasikan bahwa gempa yang berkekuatan Magnitudo 5.3 ini tidak menimbulkan tsunami. Namun, BMKG tetap menyarankan masyarakat agar hati-hati jika adanya gempa susulan yang mungkin terjadi.


Gempa Blitar Hari Ini: Terasa di Beberapa Daerah di Jawa Timur

Berdasarkan data dari BMKG, gempa dirasakan juga oleh masyarakat di beberapa daerah di Jawa Timur. Tercatat bahwa daerah yang juga merasakan guncangan gempa yang berkekuatan M 5.3 ini adalah Blitar, Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek.

Di Blitar, gempa dirasakan dengan skala MMI III-IV artinya guncangan akibat gempa sangat terasa di dalam rumah. Guncangan terasa seakan-akan ada truk berlalu. Jendela dan pintu berderik, dinding juga berbunyi karena guncangan tersebut.

Selain itu di Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, dan Trenggalek gempa dirasakan dengan skala MMI II-III. Hal ini berarti guncangan dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung juga bergoyang karena guncangan ini.

Baca selengkapnya soal gempa Blitar hari ini dapat dilihat di halaman selanjutnya.