Round-Up

Masker Silang Haris Azhar-Fatia Kala Mediasi dengan Luhut Tertunda

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 05:02 WIB


Mediasi Sesuai SE Kapolri

Menurut Pieter, mediasi itu merupakan inisiatif dari pihak Polda Metro Jaya. Menurut Pieter Ell, mediasi itu sejalan dengan SE Kapolri dalam penyelesaian perkara pencemaran nama baik melalui ITE.

"Kita belum pernah diperiksa dan ini saya tekankan inisiatif dari penyidik sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 8 dan TR dari Kapolri," tutur Pieter.

Haris Azhar menanggapi santai soal ditundanya upaya mediasi itu.

"(Soal penarikan konten YouTube) itu nanti kita lihat kan mediasi belum jalan. Yang namanya pihak sana mau minta apa, ya nggak apa-apa. Itu hak mereka," ujar Haris.

Masker Simbol 'Pembungkaman'

Haris Azhar dan tim pengacaranya memakai masker tanda silang itu seusai mediasi batal digelar. Menurut pengacara Haris Azhar, masker tersebut menyimbolkan pembungkapan terhadap para aktivis.

"Ini makai masker ini artinya ada pembungkaman terhadap aktivitas mengkritisi kerja-kerja pejabat publik. Ini tanda dari masker ini," kata Nelson di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Menurut Nelson, pembungkaman ini bukan hanya menimpa Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Dia menilai pembungkaman saat adanya kritik terhadap pejabat publik kerap terjadi saat ini.

Dia menambahkan, proses pembungkaman itu membuat banyak warga kemudian takut menyampaikan pendapat atas kinerja pejabat publik.

"Kita baca di pemberitaan di media massa ini kan sedikit-banyak membuat orang-orang takut membuat konten, menyampaikan pendapat di ruang siber, di ruang digital," terang Nelson.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya