Rachel Vennya Karantina atau Tidak? Ini Kata Pengacara

Yogi Ernes, Marteen Ronaldo - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 23:41 WIB
Jakarta -

Klaim Rachel Vennya soal tidak menjalankan karantina sepulang dari Amerika Serikat masih menjadi tanda tanya. Pernyataan Rachel Vennya ini sendiri bertolak belakang dengan pernyataan pihak TNI yang menyebutkan bahwa Rachel sempat ke RSDC Pademangan untuk karantina.

Pengacara Rachel Vennya, Indra Raharja, kemudian angkat bicara perihal pernyataan Rachel Vennya yang mengaku tidak pernah karantina di RSDC Pademangan. Indra hanya menjawab perihal pernyataan kliennya itu telah dibeberkan secara gamblang ke penyidik.

"Itu sudah kita sampaikan. Hal-hal yang dialami, dilihat oleh klien kami sudah disampaikan," kata Indra di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Sembilan jam Rachel Vennya menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Total ada 35 pertanyaan yang dicecar penyidik kepada selebgram tersebut.

Indra tidak memerinci perihal pemeriksaan kepada kliennya. Dia hanya mengatakan Rachel Vennya diperiksa perihal kronologis kaburnya dia dari RSDC Pademangan.

"(Pemeriksaan) hal-hal terkait kronologis ya," ungkap Indra.

Dia menambahkan, hal-hal terkait substansi pemeriksaan hari ini telah diserahkan kepada pihak kepolisian.

"Klien kami komitmen untuk selesaikan ini cepat juga dan pihak kepolisian sangat profesional lakukan penyelidikan ini. Hal-hal yang sifat elementer dan fundamental sudah kita sampaikan kepada pihak polisi," ujar Indra.

Rachel Vennya Ngaku Tak Karantina di RSDC

Rachel Vennya saat ini memang menjadi sorotan publik setelah melakukan aksi kabur saat karantina di RSDC Pademangan. Rachel Vennya kabur karantina sepulang dari Amerika Serikat.

Sesuai dengan peraturan pemerintah, tiap warga yang baru kembali dari luar negeri harus menjalani karantina selama lima hari. Rachel Vennya diduga hanya menjalani karantina tiga hari di RSDC Pademangan sebelum akhirnya melarikan diri.

Rachel Vennya sendiri telah buka suara perihal kasus yang kini menyorotnya. Namun Rachel Vennya justru membantah pernah melakukan karantina di RSDC Pademangan.

"Aku tidak karantina sama sekali di Wisma Atlet," kata Rachel Vennya dalam channel YouTube Boy William, Senin (18/10/2021).

"Aku tidak menginap sama sekali di Wisma Atlet," lanjutnya.

TNI Sebut Rachel Vennya Sempat ke RSDC

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan pihaknya akan mempelajari keterangan Rachel Vennya itu. Namun informasi yang diperoleh pihak TNI menyebutkan Rachel Vennya sempat ke Wisma Atlet.

"Ya itu masih dipelajari ya memang informasinya datang namun dia keluar lagi," ujar Kolonel Arh Herwin BS di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Untuk diketahui, Rachel Vennya sebelumnya di YouTube Boy William mengaku sama sekali tidak dikarantina di RSDC Pademangan. Namun beredar foto di media sosial dirinya dan kekasihnya, Salim Nauderer sedang berada di RSDC Wisma Atlet.

Sementara itu, Herwin mengatakan, dari hasil penyelidikan pihaknya, ada 2 anggota TNI yang membantu Rachel Vennya kabur saat karantina. Selain FS dari TNI AU, ada IG dari Paskhas AU.

Kedua oknum TNI AU itu kini diperiksa Polisi Militer. Keduanya dikembalikan ke kesatuannya.

(isa/mei)