Demo 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf di Jakpus Bubar, Lalin Kembali Normal

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 18:47 WIB
Kondisi lalu lintas usai demo BEM SI di Jakpus bubar
Kondisi lalu lintas seusai demo BEM SI di Jakpus bubar. (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Demo Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus), telah membubarkan diri. Arus lalu lintas pun kini telah kembali normal.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (21/10/2021), sekitar pukul 17.30 WIB, massa aksi membubarkan diri. Kepolisian yang mengawal demo kali ini pun menggulung kawat berduri yang sebelumnya dipasang melintang menutup Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Selain itu, massa BEM SI membubarkan diri secara bergelombang. Mereka menyanyikan yel-yel sebelum membubarkan diri.

"Sayonara, sayonara, sampai berjumpa lagi," teriak massa aksi BEM SI.

Massa mahasiswa ini membubarkan diri ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan. Massa 'balik kanan' setelah Kepala Staf Kepresidenan Moeldok bersedia menemui mereka di lokasi.

Sekitar pukul 17.50 WIB, kendaraan bermotor sudah diperbolehkan melintas di Jalan Medan Merdeka Barat. Arus lalu lintas saat ini terpantau ramai lancar di sekitar lokasi.

Seperti diketahui, massa dari BEM SI ini menggelar demonstrasi peringatan 2 tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Massa tetap berorasi meski diguyur hujan deras.

Koordinator BEM SI, Naufal, mengatakan aksi tersebut dilakukan berdasarkan kajian. Terdapat sejumlah tuntutan yang dibacakan massa, mulai tuntutan agar pemerintah menjamin kebebasan akademik, biaya pendidikan yang berkeadilan, pendidikan aman dari kekerasan seksual, penegakan marwah akademik, mencabut revisi UU KPK, UU Minerba, UU Cipta Kerja dan aturan turunannya, evaluasi total Kabinet Indonesia Maju, serta tuntutan lainnya.

(rak/fas)