Direktur Pelindo Terminal Petikemas Raih Penghargaan K3 di WSO Award

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 17:16 WIB
Direktur Pelindo Raih Penghargaan
Foto: Pelindo
Jakarta -

Direktur SDM PT Pelindo Terminal Petikemas yang merupakan Subholding dari BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Edi Priyanto menerima penghargaan dalam ajang World Safety Organization (WSO) Indonesia Award 2021. Dia dinobatkan sebagai 'WSO Concerned Citizen Award'.

Diketahui, acara tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada pihak yang dinilai berjasa dalam membudayakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan masing-masing.

Adapun pemberian penghargaan dilaksanakan oleh Direktur Bina Kelembagaan K3 Kemenaker Hery Sutanto, Dewan K3 Nasional (DK3N) Rudiyanto, Chairman WSO Indonesia Soehatman Ramli dan President Director General WSO Mr. Alfredo De La Rosa Jr.

Chairman WSO Indonesia Soehatman Ramli mengatakan Edi dinilai punya perhatian tinggi terhadap aspek K3 terutama yang berkaitan dengan pekerja media.

"Edi Priyanto ini menginisiasi dan mendorong dilakukannya identifikasi bahaya dan penilaian risiko pada pekerjaan yang dilakukan oleh wartawan, hasil identifikasi selanjutnya dibuat focus group discussion sehingga dapat dijadikan referensi dalam penyusunan panduan K3 bagi jurnalis saat melakukan aktivitas kerjanya," kata Ramli dalam keterangan tertulis, Kamis (21/10/2021).

Selain itu, Ramli menyebut Edi juga aktif dalam kepedulian lingkungan dan memberdayakan masyarakat melalui berbagai kegiatan edukasi lingkungan. Misalnya dengan membangun Kampung Edukasi Sampah di Sidoarjo sebagai sarana edukasi tentang pemilahan dan pengolahan sampah dari rumah tangga.

Diungkapkannya, Ramli melakukan pengelolaan lingkungan serta pemberdayaan agar masyarakat semakin sadar akan keselamatan dan kesehatan.

"Edi juga aktif sebagai narasumber dalam berbagai diskusi dan webinar yang membahas tentang program merdeka belajar, pengelolaan sampah, pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat hingga implementasi pembudayaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) baik di perusahaan maupun di lingkungan masyarakat," tuturnya.

Selain itu, Edi juga aktif dalam berbagai organisasi yang peduli terhadap K3, diantaranya sebagai Pengurus Dewan K3 (DK3P) Provinsi Jatim, Pengurus Asosiasi Ahli K3 (A2K3) Jawa Timur serta Pengurus Daerah Komunitas Ahli K3 Rumah Sakit Jawa Timur.

(ncm/ega)