Demo 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf di Jakpus Memanas, Massa Bakar Ban di Jalanan

Rakha Arlyanto - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 16:31 WIB
Suasana demonstrasi 2 tahun Jokowi-Maruf di Jakpus (Rakha-detikcom)
Suasana demonstrasi 2 tahun Jokowi-Ma'ruf di Jakpus (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) membakar ban di lokasi demonstrasi 2 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres Ma'ruf Amin. Polisi kemudian memadamkan api tersebut.

Pantauan detikcom di sekitar kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021), massa berjaket almamater berwarna merah mulai menumpuk ban di dekat kerumunan massa. Mereka kemudian membakar ban tersebut.

Pada pukul 15.36 WIB, asap tampak membubung dan kerumunan massa melingkari ban tersebut. Polisi kemudian memberi peringatan agar massa tidak membakar ban.

"Kami dari kepolisian Polres Metro Jakarta Pusat mengingatkan agar tidak bertindak membakar ban. Berbahaya. Kepada petugas agar dapat memadamkan api segera. Massa aksi diperingatkan menjauh," ucap seorang petugas kepolisian dari balik kawat berduri.

Suasana demonstrasi 2 tahun Jokowi-Ma'ruf di Jakpus (Rakha-detikcom)Suasana demonstrasi 2 tahun Jokowi-Ma'ruf di Jakpus (Rakha/detikcom)

Polisi kemudian mendatangi massa dan memadamkan api. Pada pukul 15.47 WIB, api sudah dipadamkan.

Massa yang membakar ban tampak berlari ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan. Massa dari BEM SI menyampaikan orasi di Jl Medan Merdeka Barat. Polisi masih berjaga dengan kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat.

Massa dari BEM SI ini menggelar demonstrasi peringatan 2 tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Massa tetap berorasi meski diguyur hujan deras.

Koordinator BEM SI, Naufal, mengatakan aksi tersebut dilakukan berdasarkan kajian. Terdapat sejumlah tuntutan yang dibacakan massa, mulai tuntutan agar pemerintah menjamin kebebasan akademik, biaya pendidikan yang berkeadilan, pendidikan aman dari kekerasan seksual, penegakan marwah akademik, mencabut revisi UU KPK, UU Minerba, UU Cipta Kerja, dan aturan turunannya, evaluasi total Kabinet Indonesia Maju dan tuntutan lainnya.

Simak video 'Nyanyian 'Jokowi Mundur' Menggema saat Unjuk Rasa BEM SI di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)