Hari Santri 2021, Berikut Rangkaian Acara Tahun Ini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 14:09 WIB
Hari Santri 2021, Berikut Rangkaian Acara Tahun Ini
Hari Santri 2021, Berikut Rangkaian Acara Tahun Ini / Foto: Situs Kemenag
Jakarta -

Hari Santri 2021 menjadi momen penting untuk diperingati. Setiap tahunnya, Hari Santri jatuh pada tanggal 22 Oktober dan mengusung tema yang berbeda.

Tahun ini, Hari Santri 2021 mengambil tema 'Santri Siaga Jiwa Raga.' Tema ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar senantiasa suap menyerahkan jiwa dan raga dalam membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, serta mewujudkan perdamaian dunia.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan, dalam memperingati Hari Santri 2021, siaga jiwa raga merupakan komitmen santri dalam membela tanah air yang lahir dari santun, rendah hati, pengalaman juga tempaan santri selama di pesantren.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Hari Santri 2021, detikcom sudah merangkumnya dari berbagai sumber. Mari simak uraian berikut ini.

Hari Santri 2021: Makna dan Filosofi Logo

Pada 21 September lalu, Menag Yaqut merilis logo Hari Santri 2021. Dalam peluncuran logo, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, perwakilan Kementerian/Lembaga, serta perwakilan ormas-ormas Islam.

Merujuk situs Kemenag, logo Hari Santri 2021 memiliki warna yang cukup beragam. Menag menyebutkan, warna-warni pada logo Hari Santri 2021 merupakan gambaran semangat dan kolaborasi santri agar mengabdi pada negeri dan Tuhan yang Maha Esa.

"Dan kalau kita perhatikan tiap bagian logo ini, menggambarkan berbagai aktivitas yang seringkali dilakukan kaum santri, dan filosofinya sangat dalam juga," ujar Menag.

Menag menuturkan logo Hari Santri 2021 mengandung filosofi yang mendalam. Logo ini pun didesain sesuai dengan aktivitas sehari-hari santri. Berikut filosofi logo Hari Santri 2021:

  • Pertama, posisi salat pada logo: Menggambarkan santri senantiasa berserah diri kepada Tuhan. Hal ini sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.
  • Kedua, posisi sujud pada logo: Sujud sebagai bentuk ikhtiar dan ketulusan. Tujuannya agar pandemi COVID-19 di Indonesia cepat berlalu.

Hari Santri 2021: Rangkaian Acara yang Diselenggarakan

Untuk menyemarakkan Hari Santri 2021, Kemenag pun sudah menyusun rangkaian acara yang bakal digelar. Mengutip situs Kemenag, berikut acara yang disiapkan:

  1. Pesantren Virtual Exhibition
    Merupakan pameran pesantren yang digelar virtual. Acara menggunakan desain 3D dan berlangsung pada 16-22 Oktober 2021, serta diikuti oleh 100 pesantren, lembaga Pendidikan keagamaan islanm dan lembaga mitra. Untuk memeriahkan Hari Santri 2021, acara ini memamerkan profil, satu pendidikan, karya-karya, produk unggulan, hingga inovasi teknologi.
  2. Sayembara Santri Siaga Jiwa
    Acara ini sebagai ajang kompetisi bagi santri dan masyarakat umum tentang karya dan inovasi bertema kepesantrenan. Kompetisinya terdiri dari:
    1) VAKSIN (Video Aksi Kiai-Santri Indonesia)
    Merupakan lomba video pesan kiai/santri pesantren tentang pentingnya vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan 5M+1D (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan doa) untuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Video ini berisi pesan mendalam kiai/santri dengan background penerapan protokol kesehatan di pesantren.
    2) Surat Santri untuk Presiden dan Menteri Agama
    Sejalan dengan hari santri 2021, acara ini memberikan kesempatan kepada santri untuk mengekspresikan pemikiran dan harapan mereka melalui tulisan tangan yang ditujukan kepada pemimpin presiden atau Menteri Agama.
    3) Challenge Selamat Hari Santri
    Memberikan kesempatan kepada santri dan masyarakat umum untuk merayakan hari santri 2021 dalam bentuk video kreasi ucapan Selamat Hari Santri 2021.
    4) Santri Sehari Menjadi Menteri
    Memberikan kesempatan secara terbuka melalui seleksi kepada santri pesantren berusia 15-20 untuk belajar kepemimpinan dan tata kelola organisasi kementerian, sekaligus mendapatkan pengalaman sehari menjadi Menteri Agama
  3. 22 Juta Masker untuk Santri
    Hari santri 2021 juga memberikan fasilitas Kesehatan kepada santri. Program bantuan ini sebagai bentuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Pesantren. Jenis bantuan berupa masker, hand sanitizer, thermogun, dan vitamin.
  4. Malam Kebudayaan: Pagelaran Wayang Kulit Santri
    Pagelaran yang mengusung lakon "Semar Mbangun Pesantren" ini akan digelar secara daring dan hybrid pada 16 Oktober 2021 di Widya Candra, Jakarta.
  5. Santriversary atau Malam Puncak Peringatan Hari santri 2021
    Pada acara yang akan digelar pada 21 Oktober 2021 di Jakarta ini Kementerian Agama sekaligus akan launching "Rumah Kitab" dan launching "Pesantrenpreneur"
  6. Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2021
    Upacara ini akan diselenggarakan secara hybrid pada Jumat, 22 Oktober 2021 di Lapangan Kementerian Agama

Setelah tahu tema dan rangkaian acara Hari Santri 2021, mari menyimak serba-serbi Hari Santri tahun-tahun sebelumnya. Selengkapnya di halaman berikutnya.