Gerindra Buka Pintu Koalisi dengan PKB di 2024

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 13:42 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan prosesi potong tumpeng dalam perayaan HUT ke-12 Gerindra. Prabowo memberikan potongan tumpeng kepada Anies-Sandi.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Gerindra merespons keinginan PKB yang ingin menduetkan ketumnya Muhaimin Iskandar dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan setiap partai politik sah-sah saja mengusung ketua umumnya.

"Yang pertama-tama menurut saya itu kan adalah politik, apalagi kemudian salah satu sebuah partai itu sah-sah saja memajukan kadernya, putra terbaiknya, apalagi ini ketua umumnya dan kita sambut baik majunya Cak Imin di kontestasi pemilu presiden," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Dasco mengatakan wacana-wacana koalisi partai saat ini masih dinamis. Gerindra pun, menurutnya, belum membicarakan koalisi, namun pihaknya akan terbuka terhadap partai mana pun, termasuk PKB.

"Bahwa kemudian yang namanya koalisi itu masih dinamis dan bisa saja terjadi, dan Gerindra juga pada saat ini belum juga menyatakan, walaupun sekarang ini sudah mulai banyak desakan, kita belum menyatakan calon presiden dari Gerindra," ujarnya.

"Sehingga pada saatnya nanti Gerindra akan menyampaikan calon presiden dari Gerindra dan kemudian akan melakukan penjajakan terhadap koalisi-koalisi dengan partai politik-partai politik yang ada dan tidak menutup pintu untuk PKB," lanjut Dasco.

Dasco mengatakan Gerindra akan membuat forum untuk mempertimbangkan koalisi.

"Pertimbangan itu kan nanti dipertimbangkan dalam suatu forum yang memang dibikin untuk itu, sehingga nanti saya tidak mau berandai-andai sekarang, saya tadi cerita adalah mekanisme di Gerindra," ujarnya.

Sebelumnya, PKB memang mengusulkan beberapa nama untuk menduetkan Cak Imin. Salah satunya, opsi duet Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto-Cak Imin.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan kepastian bakal majunya kembali ketua umum Partai Gerindra itu sebagai capres untuk ketiga kalinya membuat arah politik semakin terpetakan.

"PKB senang kalau Pak Prabowo nyapres lagi. Setidaknya kami dapat mengukur keadaan dari pengalaman yang lalu," ujar Jazilul, Selasa (12/10/2021).

PKB bahkan menyatakan bukan hal yang mustahil untuk menjalin koalisi dengan Partai Gerindra. "Terbuka koalisi PKB dengan Gerindra, namun pelan-pelan harus disusun agenda dan figur yang diharapkan rakyat," ujar Jazilul Fawaid.

(eva/gbr)