Video 20Detik

Apa Jadinya Tes CPNS Rasa Squid Game?

dtv - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 13:18 WIB
Jakarta -

Demam Squid Game ternyata sampai ke Jawa Timur. Suasana ala serial survival asal Korea Selatan itu dirasakan pada tes CPNS di Kanwil Kemenkumham Jatim.

Petugas mengenakan kostum berwarna pink dan topeng bersimbol bulat, persegi, serta segitiga. Mereka menjaga para peserta tes CPNS Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian kanwil Kemenkumham Jatim.

Layaknya film Squid Game, tes CPNS yang berlangsung di halaman Gedung Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini dimulai dengan sirene. Para petugas juga dibekali dengan senjata untuk memeriksa persyaratan tiap peserta.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono, mengatakan pelaksanaan CPNS kali ini sengaja dibuat berbeda. "Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," ujar Krismono, Rabu (20/10).

Krismono menyebut ada kesamaan antara serial asal Korsel itu dan seleksi CPNS. Para peserta harus melewati rintangan dan bertahan hingga babak akhir. "Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham," ucapnya.

"Tapi bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme," lanjutnya.

(gra/gra)