Anies Didukung Nyapres 2024, Wagub DKI: Gerindra Pak Prabowo

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 11:05 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).
Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal deklarasi dukungan terhadap Anies Baswedan menjadi calon presiden (Capres) 2024. Riza menilai agenda deklarasi itu sebagai hak warga. Meskipun begitu, dia meyakini saat ini Anies tengah berfokus menuntaskan tugasnya sebagai Gubernur DKI.

"Itu hak warga negara untuk berdemokrasi, tapi Pak Anies sejauh yang saya tahu tidak pernah bahas soal Pilpres karena masih 2024 ya, saya kira semua, sekarang fokus melaksanakan tugas masing-masing," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021).

Riza menyampaikan wajar jika kelompok-kelompok yang mendukung Anies melenggang dalam Pilpres 2024 mulai bermunculan. Pasalnya, banyak relawan di Indonesia yang mendeklarasikan dukungannya terhadap idolanya.

Kendati demikian, sebagai kader Gerindra, Riza menegaskan pihaknya akan mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres pada 2024 mendatang.

"Sekalipun ada kelompok-kelompok yang mencoba mendukung mendeklarasikan tidak hanya Pak Anies ya, saya kira yang lain ada, Pak Ganjar ada, saya kira Ridwan Kamil juga, saya pikir itu hak ya," ujarnya.

"Gerindra juga ingin mengusung lagi Pak Prabowo, itu hak masing-masing ya. Tapi kami fokus untuk menjalankan amanah masing-masing. Mari kita fokus melaksanakan tugas masing-masing sesuai kewenangan," sambungnya

Sebelumnya, Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden. Mereka mengaku mendukung Anies maju di Pilpres 2024.

Deklarasi digelar di Gedung Joang, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). Koordinator Deklarator ANIES, La Ode Basir, mengatakan kegiatan ini bermula dari diskusi 4 tahun kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta.

"Kegiatan ini bermula dari diskusi kami dalam rangka merefleksi 4 tahun kepemimpinan Bapak Anies Rasyid Baswedan di Jakarta," kata Laode.

Dia mengatakan pihaknya banyak melakukan diskusi untuk mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta. Menurutnya, ada banyak komunitas yang terlibat berdiskusi soal perkembangan Jakarta selama dipimpin Anies.

"Di masing-masing kami ada kelompok kelompok diskusi mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta yang kemudian kami berkumpul dengan tema diskusi pada sekitar seminggu yang lalu refleksi kepemimpinan Anies Rasyid Baswedan di Jakarta," katanya.

Simak Video: ANIES Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Capres 2024

[Gambas:Video 20detik]



(taa/gbr)