Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Kabar Baiknya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 10:51 WIB
Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Kabar Baiknya
Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Kabar Baiknya /Foto: Esti Widiyana
Jakarta -

Surabaya PPKM level berapa mulai banyak dicari tahu usai pemerintah mengumumkan perpanjangan PPKM. Pemerintah telah mengumumkan PPKM Jawa-Bali diperpanjang dari tanggal 19 Oktober-1 November 2021.

Dalam perpanjangan PPKM itu, tercatat ada 54 kabupaten/kota di level 2. Sedangkan 9 kabupaten/kota berada di level 1.

"Mulai besok akan ada 54 kabupaten/kota di level 2, 9 kabupaten kota di level 1," kata Luhut dalam jumpa pers pada Senin (18/10).

Lantas, bagaimana dengan PPKM Surabaya? Untuk mengetahui Surabaya PPKM level berapa, detikcom sudah mengulasnya. Mari simak uraian di bawah ini.

Surabaya PPKM Level Berapa: Status PPKM Surabaya Turun Level

Pertanyaan Surabaya PPKM level berapa sudah tertuang dalam Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 53/2021. Kini status PPKM Surabaya turun ke level 1.

Karena penurunan level itu, pemerintah melonggarkan sejumlah aturan. Hal ini disesuaikan dengan kondisi Surabaya PPKM level berapa. Lantas, apa saja aturan terbaru dalam PPKM Surabaya? Berikut rangkumannya.

Surabaya PPKM Level Berapa: Daftar Daerah PPKM Level 1 di Jawa Timur

Sebelum membahas aturan Surabaya PPKM level berapa, simak terlebih dahulu daerah di Jawa Timur yang menerapkan PPKM level 1. Selain Surabaya, pemerintah juga mencatat ada 4 daerah lain yang menerapkan PPKM level 1 di Jawa Timur.

Berikut daftar daerah PPKM level 1 di Jawa Timur:

  1. Kota Surabaya
  2. Kota Mojokerto
  3. Kota Kediri
  4. Kota Blitar
  5. Kota Pasuruan

Surabaya PPKM Level Berapa: Kapasitas Supermarket-Pasar Tradisional Ditambah

Aturan pertama mengenai Surabaya PPKM level berapa yakni kapasitas di supermarket, hypermart, pasar tradisional, tokol kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari ditambah. Dalam aturan itu disebutkan, pengunjung bisa mencapai 100% asal menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari beroeprasi dengan kapasitas maksimal 100%.

Surabaya PPKM Level Berapa: Kapasitas Dine In Ditambah

Pemerintah juga mengatur kapasitas dine in di tempat makan. Masih mengacu Inmendagri 53/2021, tempat makan diizinkan buka hingga pukul 22.00 waktu setempat. Adapun kapasitas pengunjung maksimal 75%, hal ini diatur pemerintah sesuai dengan kondisi Surabaya PPKM level berapa.

Sementara itu, tempat makan yang mulai beroperasi pukul 18.00 waktu setempat, diizinkan buka hingga pukul 00.00 waktu setempat. Kapasitas pengunjung maksimal 75%, serta pegawai maupun pengunjung wajib skrining melalui aplikasi PeduliLindungi.

Surabaya PPKM Level Berapa: Tempat Bermain Anak Sudah Dibuka

Aturan lainnya soal Surabaya PPKM level berapa yakni dibukanya tempat bermain anak-anak, serta tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan. Anak-anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk asal didampingi orang tua.

Satu hal yang perlu menjadi catatan. Orang tua yang mendampingi anaknya harus mencatat alamat juga nomor telepon untuk kebutuhan tracing. Aturan ini disusun pemerintah sejalan dengan evaluasi Surabaya PPKM level berapa.

Surabaya PPKM Level Berapa: Fasilitas Umum Sudah Dibuka

Sejalan dengan aturan Surabaya PPKM level berapa, fasilitas umum seperti area publik, tempat wisata umum dan taman umum, diizinkan buka. Kapasitas pengunjung maksimal 75% dan menerapkan protokol kesehatan, menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk kebutuhan skrining, serta anak di bawah 12 tahun harus didampingi orang tua.

Surabaya PPKM level berapa sudah diketahui yaitu PPKM level 1. Aturan PPKM level 1 berikutnya ada di halaman berikutnya.