PPP Dampingi Korban Pinjol Lapor ke Polda Metro Jaya

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 17:51 WIB
PPP Dampingi Korban Pinjol Lapor ke Polda Metro Jaya
Foto: Dok. PPP
Jakarta -

Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (LABH DPP PPP) mendampingi korban pinjaman online (pinjol) di Polda Metro Jaya, Senin (18/10).

Koordinator LABH DPP PPP Jou Hasyim menyebut setelah membuka Posko korban pinjol pada Agustus lalu, sudah banyak korban yang mengadu dan memberikan kuasa ke pihaknya. Ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan pendampingan terkait pelaporan ke pihak berwajib.

"LABH PPP mengupayakan pendampingan hukum untuk memenuhi hak-hak para korban pinjol ini, terlepas ini masalah hutang piutang namun ada perbuatan unsur pidana yang nyata sehingga penting bagi kami untuk melakukan pengaduan atau pelaporan ke Polda Metro Jaya dengan memberikan bukti-bukti yang ada," ujar Jou dalam keterangan tertulis, Rabu (20/10/2020).

Sementara itu, Ketua DPP PPP Bidang Hukum dan Advokasi Andi Surya menyebut proses pelaporan ke Polda Metro Jaya merupakan upaya agar korban bisa mendapatkan haknya. Pasalnya, selama ini banyak korban yang terintimidasi untuk membayar hutang dalam jumlah besar. Apalagi jenis intimidasi yang didapat sangat meresahkan.

"Kami mengapresiasi langkah kepolisian yang selama ini melakukan penindakan pada perusahaan pinjol. Kami berharap korban yang kami damping juga bisa mendapatkan haknya dan oknum pinjol bisa ditindak," katanya.

Andi meyakini saat ini masih banyak korban pinjol yang belum mendapatkan pendampingan. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk aktif melaporkan ke pihak yang bertanggung jawab agar persoalan ini bisa segera teratasi.

"Kami yakin sekali ada ribuan korban pinjol memiliki hal yang sama di luar sana yang masih belum terakomodir, kami menghimbau kepada masyarakat untuk aktif melaporkan ke pihak yang berwajib, agar masalah ini bisa diselesaikan bersama-sama," katanya.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Umum DPP PPP Arsul Sani pun mengapresiasi sikap Polri dalam menindak beberapa kantor Pinjol yang bermasalah di beberapa tempat.

"Kita apresiasi upaya teman-teman dan juga aksi cepat yang dilakukan pihak Kepolisian yang bergerak aktif melakukan penindakan terhadap beberapa kantor Pinjol Ilegal," pungkasnya.

(akd/ega)