Cek Vaksinasi di Mako Brimob, Kapolri Sampaikan Target 2 Juta Vaksin Sehari

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 14:48 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadiri vaksinasi massal dan pemberian bansos oleh alumni Akabri 99 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jabar.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadiri vaksinasi massal dan pemberian bansos oleh alumni Akabri '99 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jabar. (Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan saat ini TNI-Polri dan para stakeholders mengupayakan tercapainya target 2 juta dosis vaksin COVID-19 per hari. Sigit menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong agar target terpenuhi.

"Pemerintah, dalam hal ini presiden, terus mendorong untuk kita semua, khususnya TNI dan Polri untuk bisa membantu, bekerja sama dengan semua stakeholder mewujudkan vaksinasi dengan target 2 juta dalam waktu 1 hari," ujar Sigit saat menghadiri vaksinasi massal dan penyaluran bansos oleh alumni Akabri '99 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat (Jabar), Rabu (20/10/2021).

Seperti di lokasi lain, Sigit juga mengingatkan protokol kesehatan (prokes) wajib dijalankan, meski warga sudah divaksinasi. Dia pun terus mendorong jajarannya untuk mempercepat vaksinasi.

"Kuncinya adalah bagaimana akselerasi vaksinasi dapat kita laksanakan di akhir tahun, untuk pencapaian selanjutnya yang ada. Bagaimana menjaga masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan," tutur Sigit.

Sigit kemudian menekankan pelonggaran mobilitas warga hanya bisa terjadi bila kasus COVID-19 terkendali. Oleh sebab itu, perlu peran serta seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, dalam meminimalkan potensi penularan.

"Sehingga pada saat mulai dilonggarkan dengan beberapa assessment level yang diturunkan, kemudian ada peningkatan aktivitas masyarakat, maka laju penularan tetap bisa dikendalikan," lanjut Sigit.

Menambahkan ucapan Sigit, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang juga hadir di lokasi, mengatakan kampanye dan perketatan pelaksanaan 3T, yakni test, tracing, treatment, terus dilakukan. Dia lalu menerangkan strategi-strategi untuk menekan laju penularan yang telah dilakukan antara lain isolasi mandiri (isoman) hingga isolasi terpadu (isoter) bagi pasien COVID-19.

"Di samping vaksinasi, beberapa upaya dari pemerintah adalah melakukan kampanye, menjaga prokes utamanya mengenakan masker, menggelorakan terus aktif melaksanakan 3T, mulai dari isolasi terpusat dan isolasi mandiri," papar Hadi.

Sementara itu, dalam kegiatan vaksinasi di Mako Brimob hari ini, penyelenggara menargetkan 10 ribu orang mendapat suntikan vaksin COVID-19. Tak hanya di Mako Brimob, alumni Akabri '99 di seluruh penjuru Tanah Air juga mengadakan kegiatan serupa.

Total sebanyak 46.248 vaksin disediakan oleh Akabri '99 di seluruh Indonesia. Terakhir, total paket bansos yang diserahkan ke warga adalah 28.849 paket.

(aud/aud)