2 Syarat Golkar Bisa Menang Pemilu 2024 Versi Peneliti SMRC

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 12:59 WIB
Ilustrasi Fokus Pemilu di Luar Negeri (Ilustrasi: Fuad Hashim)
Foto: Ilustrasi Pemilu(Ilustrasi: Fuad Hashim)
Jakarta -

Peneliti senior Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai target Partai Golkar untuk merebut kemenangan di Pemilu 2024, termasuk 20 persen kursi DPR RI, merupakan target yang cukup ambisius. Namun, target itu dinilai mungkin untuk diwujudkan jika melihat elektabilitas Partai Golkar yang terus menguat dalam setahun terakhir.

"Ini target yang cukup ambisius, tapi melihat elektabilitasnya yang menguat setahun terakhir, bukan mustahil target ini bisa didekati," tulis Saidiman dalam keterangan tertulis, Rabu (20/10/2021).

Saidiman menilai target tersebut bisa dipenuhi dengan dua syarat. Pertama, yakni soliditas di internal partai tetap terjaga hingga 2024. Kedua, harus konsisten mengawal program pembangunan ekonomi pemerintah.

"Kunci untuk Partai Golkar memenuhi target adalah dengan soliditas internal (tetap) terjaga dan secara konsisten terdepan mengawal program pembangunan ekonomi pemerintah," ungkap Saidiman.

Seperti diketahui, lanjutnya, tak terlihat adanya friksi di internal selama periode kepemimpinan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar. Soliditas pengurus dan juga kader terkait rencana pencalonan Airlangga sebagai calon presiden juga semakin terlihat.

Di sisi lain, kinerja Airlangga sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga disebut terbukti membawa perekonomian Indonesia keluar dari resesi. "Bukan hal yang mustahil target ini (menang di Pemilu 2024) bisa didekati," kata Saidiman.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara HUT Ke-57 Partai Golkar, Jerry Sambuaga, menyatakan partai beringin menargetkan meraih 20 persen kursi DPR RI pada Pemilu 2024. Golkar juga menargetkan kemenangan 60 persen pada pemilihan kepala daerah.

"Target lain juga sudah ditetapkan DPP Partai Golkar pada 2024, seperti memenangi pemilihan presiden," ujar Jerry. Karenanya, HUT Ke-57 Partai Golkar dijadikan momentum konsolidasi seluruh kader dalam agenda pemenangan legislatif, pilpres, dan pilkada pada tahun 2024.

Tonton video 'Airlangga: Minimal Pilpres 2024 Harus Menang!':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/dnu)