PEMA USU Bikin Poster Ala Squid Game Kritik 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 12:52 WIB
Screenshot Instagram PEMA USU (dok. Instagram Pema USU)
Foto: Screenshot Instagram PEMA USU (dok. Instagram Pema USU)
Medan -

Pemerintahan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (PEMA USU) mengkritik 2 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin. PEMA USU menilai kerja Kabinet Indonesia maju malah menunjukkan kemunduran.

Kritik itu disampaikan lewat poster yang diunggah di akun Instagram official.pemausu. Dilihat detikcom, Rabu (20/10/2021), tampak ada poster ala drama berjudul 'Squid Game' yang diunggah di akun IG tersebut.

Wajah pemeran Squid Game diubah menjadi wajah Jokowi-Ma'ruf serta sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju. Ada juga tulisan 'Rezim Kabinet Indonesia Mundur' di dalam poster itu. Selain itu, ada tulisan 'bansos' di tempat penampungan uang yang berada di atas para peserta Squid Game.

PEMA USU juga mengunggah 'Kartu Hasil Kinerja' untuk Kabinet Indonesia Maju. PEMA USU memberi nilai E dan D untuk semua kementerian.

Screenshot Instagram PEMA USU (dok. Instagram Pema USU)Screenshot Instagram PEMA USU (dok. Instagram Pema USU)

"Kabinet Indonesia Maju sudah 2 tahun menjalankan kepemimpinannya dan kini dirasakan banyak mengalami kemunduran," kata Presiden Mahasiswa USU, M Rizki Fadillah.

Salah satu masalah yang belum ditangani dengan baik, kata Rizki, ialah politisasi jabatan akademik. Dia juga menyebut ada upaya pembungkaman kebebasan bersuara yang terjadi.

"Kasus korupsi yang berkorelasi dengan pelemahan lembaga antirasuah dari UU hingga skandal UU, penegakan hukum, kebebasan demokrasi," sebut Rizki.

Dia meminta Jokowi-Ma'ruf bersikap tegas dalam pengambilan kebijakan. Menurutnya, Jokowi-Ma'ruf harus lebih banyak membuat kebijakan prorakyat.

"Banyak kebijakan yang tidak berpihak terhadap masyarakat dan mungkin akan terus menerus membuat kebijakan yang sangat tidak berpihak pada masyarakat dan kini perlu adanya sikap tegas dari pemerintah yang berpihak terhadap kerakyatan yang berperikemanusiaan," ucap Rizki.

Simak video 'Buka Apkasi Otonomi Expo, Jokowi: Peluang Perkuat Industri Dalam Negeri':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)