Sepak Terjang Aipda Ambarita 'Raimas Backbone'

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 09:35 WIB
Aipda Monang Parlindungan Ambarita alias Ambarita Raimas Backbone
Aipda Monang Parlindungan Ambarita alias Ambarita Raimas Backbone (dok. Instagram MP Ambarita)
Jakarta -

Aipda Monang Parlindungan Ambarita dikenal sebagai polisi 'artis' karena aksi-aksi memberantas kejahatan jalanan bersama tim Raimas Backbone yang kerap muncul di televisi. Aipda Ambarita adalah komandan dari Raimas Backbone, tim penjaga keamanan Jakarta Timur.

Lalu, siapakah Ambarita dan bagaimana sepak terjangnya? Ambarita adalah polisi Sabhara yang merupakan pentolan dari Tim Raimas Backbone Polres Metro Jakarta Timur.

Ambarita eksis di beberapa program televisi swasta. Dalam program tersebut, Ambarita dan tim memperlihatkan proses penangkapan pelaku kejahatan maupun ketika melakukan patroli ketika menemukan adanya gangguan kamtibmas.

Aipda Ambarita diperlihatkan sebagai sosok polisi yang tegas dalam melakukan penindakan. Melalui akun YouTube Raimas Backbone Official, Aipda Ambarita tampak ikut serta mengisi konten. Bahkan, jumlah subscriber akun YouTube tersebut terbilang banyak, yakni 1,39 juta, melebihi akun YouTube resmi Polda Metro Jaya .

Aipda Ambarita sendiri diketahui memimpin Raimas Backbone sejak 2017. Tim Raimas Backbone bertugas mengurai, membubarkan, dan melokalisasi massa yang melakukan tindakan perusakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tangkap Terduga Begal di Jaktim

Aipda Ambarita dan Tim Raimas Backbone tidak hanya melakukan patroli kewilayahan. Selayaknya tim tindak, Raimas Backbone juga turun dan melakukan penindakan hingga melakukan penangkapan pelaku kejahatan.

Baru-baru ini, Aipda Ambarita dan Tim Raimas Backbone menangkap pria yang disebut terduga begal. Dalam salah satu video diperlihatkan proses penangkapan pelaku yang diawali pengejaran hingga ke perkampungan.

Hingga akhirnya pria berkaus kuning itu tertangkap. Ambarita menyebutkan bahwa pria itu adalah terduga pelaku begal.

"Duduk di bawah... di bawah. Kau yang saya... sini, ini begal Bro, bukan mau tawuran," ucap Ambarita.

Total ada 3 orang yang ditangkap Raimas Backbone saat itu. Setelah diinterogasi, ketiganya pun kemudian mengaku melakukan begal.

Simak video 'Polda Metro: Ambarita Diperiksa Propam, Ada Dugaan Kesalahan SOP':

[Gambas:Video 20detik]




Simak sepak terjang Ambarita dan Tim Raimas Backbone di halaman lainnya