Mengenal Raimas Backbone, Tim Patroli Polres Jaktim Digawangi Aipda Ambarita

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 08:03 WIB
Aipda Monang Parlindungan Ambarita dimutasi ke Humas Podla Metro Jaya dan diperiksa Propam buntut aksi periksa HP.
Foto: Aipda Monang Parlindungan Ambarita (dok.Instagram Ambarita)
Jakarta -

Aipda Monang Parlindungan Ambarita dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya setelah aksinya menggeledah handphone warga saat patroli, viral di media sosial. Aipda Ambarita adalah anggota Satuan Sabhara Polres Metro Jakarta Timur yang juga dikenal sebagai ketua Tim Raimas Backbone.

Lalu, apa itu Raimas Backbone dan bagaimana sepak terjangnya selama dipimpin oleh Aipda Ambarita? Berikut ulasannya:

Sejarah Singkat Raimas Backbone

Raimas Backbone ini sendiri merupakan tim pengurai massa (Raimas). Nama Raimas Backbone mengadopsi Sabhara Backbone yang sudah lebih dahulu terbentuk.

Raimas Backbone dibentuk sejak 2017. Lebih dikenal publik sebagai kelompok polisi yang kerap berpatroli menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Jakarta Timur, khususnya pada malam hari.

Raimas Backbone ini sama halnya dengan Tim Jaguar Polresta Depok, Tim Tiger Polres Jakarta Utara atau tim-tim serupa di Polres-Polres lain. Raimas Backbone kian populer di media sosial, di mana subscriber YouTube-nya sendiri mencapa 1,3 juta lebih.

Sepak Terjang Raimas Backbone

Ketika berpatroli, Raimas Backbone seringkali bersentuhan langsung dengan pihak-pihak pengganggu ketertiban hingga pelaku kejahatan.

Aksi-aksi Raimas Backbone juga sudah banyak didokumentasikan dan dipublikasikan lewat media sosialnya seperti di Instagram dan YouTube Raimas Backbone. Bahkan, kiprah memberantas aksi-aksi kejahatan seperti tawuran, peredaran narkoba, penjambretan, hingga pembegalan, tim ini telah eksis di beberapa program televisi swasta di Tanah Air.

Tim Raimas Backbone ini memliki lambang burung gagak dan tengkorak. Dalam akun Instagramnya @raimasbackbone mereka memiliki semboyan melindungi, mengayomi, melayani, dan agar dicintai masyarakat.

Ketika turun ke jalan untuk berpatroli, tim Raimas Backbone kerap kali mengendarai motor trail di bawah komando Aipda Ambarita. Tak sedikit para pelaku kejahatan jalanan ketika berpapasan dengan tim ini langsung lari tunggang langgang.

Aipda Ambarita sendiri diketahui memimpin Raimas Backbone sejak 2017. Meski begitu, kariernya sebagai anggota Raimas Backbone kini telah berakhir. Wajah Ambarita mungkin tak akan menghiasi lagi YouTube Raimas Backbone.

Kini, Ambartita telah dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya. Pemindahan Aipda Ambarita pun dengan sejumlah alasan-alasan tertentu.

Simak alasan Aipda Ambarita dimutasi di halaman selanjutnya: