HUT Ke-22, Ini Kontribusi Alfamart untuk Negeri di Tengah Pandemi

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 18:00 WIB
Kontribusi Alfamart di Tengah Pandemi COVID-19
Foto: Alfamart
Jakarta -

Salah satu minimarket terbesar di Indonesia, Alfamart, tepat berusia 22 tahun pada 18 Oktober 2021. Semarak Ulang Tahun Alfamart (SUA) tahun ini tidak hanya momen selebrasi bagi perusahaan, namun juga bagaimana Alfamart dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Ada lebih dari 4,1 juta masyarakat Indonesia yang dilayani Alfamart setiap hari. Ini memacu kita untuk berkomitmen lebih dalam melayani. Meski pandemi masih ada, segenap karyawan Alfamart sigap memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," terang Corporate Affairs Director Alfamart Solihin dalam keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021).

Alfamart percaya rasa syukur perayaan SUA tahun ini harus diwujudkan dengan berkontribusi lebih untuk membantu negeri. Untuk mengurangi interaksi dan menekan laju COVID-19, misalnya, Alfamart melayani kebutuhan dengan aplikasi Alfagift yang mudah dan memanjakan konsumen.

"Alfamart sigap berinovasi dengan aplikasi Alfagift untuk memudahkan konsumen berbelanja. Pesanan langsung diantar di hari yang sama. Ini upaya kita membantu pemerintah menekan angka COVID-19 sekaligus membantu menyediakan kebutuhan masyarakat," tambahnya.

Alfamart for All

Selain kebutuhan pokok masyarakat, upaya membantu negeri juga dilandasi semangat 'Alfamart for All', jargon Alfamart untuk membantu sesama yang membutuhkan. Beragam program kemanusiaan pun diluncurkan. Mulai dari bagi-bagi kebutuhan pokok, pemberdayaan UKM, menggerakkan ekonomi pemilik usaha warung makan yang terdampak pandemi hingga menyediakan lokasi isolasi mandiri yang terintegrasi untuk membantu pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19.

UBM Housing, dormitory Universitas Bunda Mulia (UBM) di Jakarta, disulap menjadi lokasi isolasi mandiri terpadu bagi karyawan dan masyarakat sekitar yang membutuhkan. Ada 375 kamar yang tersedia dan siap menampung pasien yang membutuhkan ruangan isolasi mandiri. Ini merupakan salah satu solusi dari Alfamart di kondisi ketersediaan ruangan rumah sakit yang makin menipis waktu itu.

Alfamart juga membantu mewujudkan penyediaan Rumah Oksigen Gotong Royong yang digagas GoTo dan Kadin di wilayah Jakarta. Harapannya sama, agar dukungan Alfamart ini sebagai upaya berkelanjutan untuk membantu pemerintah di kondisi pandemi.

"Kami sadar bahwa dengan isolasi terpusat, pasien COVID-19 bisa terpantau kesehatannya dan dirawat sampai sembuh. Selain itu, bisa mencegah penularan ke anggota keluarga lain," kata Solihin.

Di 2021, Alfamart membagikan lebih dari 25.000 paket sembako bagi masyarakat terdampak kondisi pandemi. Bantuan diberikan secara langsung maupun bekerja sama dengan yayasan, komunitas atau dinas terkait untuk selanjutnya disalurkan.

Sebagai program kepedulian terhadap lingkungan yang berkelanjutan, melalui program Alfagreen, Alfamart Sahabat Bumi, sudah ditanam sebanyak 15.000 bibit pohon sepanjang 2021 ini. Penanaman bibit pohon buah, pohon pelindung atau pohon produktif ditanam di lahan rawan, pinggir sungai dan tempat lainnya. Dan akan berlanjut menjadi 22.000 Pohon sekaligus merayakan 22 tahun Alfamart hadir di Indonesia.

Kontribusi bidang pendidikan juga diberikan. Sebanyak 189 SMK telah menerapkan kurikulum ritel modern Alfamart Class, yang menciptakan lulusan SMK siap kerja di industri ritel. Adapun yang terakhir di Kota Sorong, Papua. Hibah laboratorium ritel modern diberikan di tiap SMK yang bekerja sama sebagai sarana praktik siswa.

Alfamart adalah salah satu perusahaan padat karya dengan 130.000 lebih karyawan, memandang sama terhadap semua, yang diwujudkan dengan membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi karyawan. Lebih dari 755 penyandang disabilitas telah menjadi bagian keluarga besar Alfamart.

Pemberdayaan UKM

Komitmen Alfamart untuk tumbuh bersama UKM juga tidak surut meski negeri masih dilanda pandemi. Berbagai pemberdayaan dan pembinaan bagi pelaku UKM dilakukan di berbagai daerah. Mulai dari Serambi Mekah, Aceh hingga Sorong, bumi cenderawasih. Sabang hingga Merauke.

"Alfamart terbuka dan aktif mengajak pelaku UKM untuk mengembangkan potensinya, bahkan memberikan dukungan agar produk mereka bisa memenuhi standar yang ditetapkan," terang Solihin.

Ada banyak kisah sukses pelaku UKM yang tumbuh bersama Alfamart. Ada Enong Nurjanah pengusaha snack dari Purwakarta, Ratiman pengusaha pisang dan gula semut dari Cilacap, Naswardan pengusaha keripik bawang dari Banten dan masih banyak lagi. Alfamart berharap, semakin banyak pelaku UKM yang naik kelas dan tumbuh bersama dari Sabang sampai Merauke.

(fhs/ega)