detikcom Do Your Magic

Ojol Keluhkan Titik Jemput Stasiun Manggarai: Terlalu Jauh dari Pintu Masuk

Firda Cynthia - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 17:57 WIB
Ojol mangkal di Stasiun Manggarai
Foto: Firda Cynthia/detikcom
Jakarta -

Pengendara ojek online (ojol) mengeluh jarak titik antar-jemput penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta. Menurut mereka, titik tersebut terlalu jauh dari pintu masuk stasiun.

Pantauan detikcom pada Selasa (19/10/2021) sore, terlihat para ojol menurunkan penumpangnya di pintu masuk Stasiun Manggarai di Jalan Manggarai Utara I. Lokasi itu tepatnya di depan area parkir motor Stasiun Manggarai.

Sementara itu, titik khusus antar-jemput penumpang ojol berada di jalan yang berbeda, yaitu di Jalan Manggarai Utara II. Tepatnya di depan plang Komplek TNI AL, Manggarai. Tidak terlihat aktivitas ojol menaikkan dan menurunkan penumpang di titik plang itu.

Titik khusus antar-jemput atau pick up-drop off ojol dengan pintu masuk Stasiun Manggarai yang saat ini aktif, jaraknya sekitar 120 meter. Jika penumpang ojol datang dari arah Jalan Tambak, lantas driver ojol menempuh putar balik via Jalan Manggarai Utara VII agar dapat menurunkan penumpang tepat di depan Stasiun Manggarai.

Titik antar-jemput penumpang ojol dan ojek di Stasiun Manggarai yang sudah ditata. (Faiz Iqbal Maulid/detkcom)Titik antar-jemput penumpang ojol dan ojek di Stasiun Manggarai yang sudah ditata. (Faiz Iqbal Maulid/detkcom)

Salah satunya Lulu Pamungkas (38), supir ojol yang sehari-hari mangkal di Stasiun Manggarai. Ia mengaku sering diminta penumpangnya agar diturunkan di depan pintu Stasiun Manggarai.

"Kalau nurunin di titik situ (titik khusus antar-jemput penumpang ojol pada nggak mau. Penumpangnya maunya di dekat halte busway sini (depan pintu masuk Stasiun Manggarai)," kata Lulu di Kawasan Penataan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, pada Selasa (19/10/2021).

Ia mengatakan tempat dirinya biasa menaikkan dan menurunkan penumpang di depan Stasiun Manggarai berdekatan dengan ojek pangkalan. Hal ini, kata dia, menjadi persoalan tersendiri bagi driver karena dapat menimbulkan perselisihan di kalangan sopir ojek.

Dengan demikian, ia berharap shelter segera dibangun di kawasan Stasiun Manggarai.

"Ya menurut saya sih adain aja (shelter ojol) karena kalau masih kayak gini kadang-kadang agak ribet sama opang-nya," lanjut Lulu.

Soal shelter ojol di Stasiun Manggarai. Simak di halaman berikutnya.