Bobby Ungkap Penyebab Marak Pungli di Medan, Minta Masyarakat Aktif Lapor

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 12:36 WIB
Walkot Medan Bobby Nasution (Dok istimewa)
Walkot Medan Bobby Nasution (Dok. Istimewa)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution berbicara soal penyebab maraknya pungutan liar (pungli) di wilayahnya. Bobby menyebut salah satunya akibat dari penyalahgunaan wewenang.

Hal itu disampaikan Bobby saat memimpin rapat koordinasi bersama tim saber pungli Kota Medan di Kantor Wali Kota Medan, Senin (18/10/2021). Bobby meminta agar tim dapat lebih aktif menekan pungli di Kota Medan.

Apalagi, menurut Bobby, banyak kegiatan Pemko Medan yang perlu pengawasan oleh tim saber pungli. Tujuannya, supaya dapat memastikan tujuan dari roda pemerintahan ini ialah untuk mensejahterahkan masyarakat.

"Saber pungli ini harus lebih kita aktifkan sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ucap Bobby.

Dalam rapat yang di ikuti oleh seluruh tim saber pungli dari berbagai instansi ini, Bobby kemudian menyampaikan penyebab terjadinya pungli. Salah satunya akibat dari penyalahgunaan wewenang oleh setiap individu dalam menjalankan tugas dan ketidakjelasan prosedur pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

"Ini yang menjadi poin utama terjadinya pungli, oleh sebab itu tim saber pungli harus bisa menelaah ke titik paling dasar terjadinya pungli, mulai dari standar operasional sampai ke petugas yang memberikan layanan," sebut Bobby

Bobby berharap masyarakat ikut berperan serta menekan tindakan pungli ini dengan mengadukanya ke petugas yang berwenang.

"Peran serta dari masyarakat sangat diperlukan untuk mengetahui indikasi terjadinya pungli," sebut Bobby.

Lihat juga Video: Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi

[Gambas:Video 20detik]

(isa/isa)