Saat Eks Bupati Rita Mengira KPK Berubah hingga Anggap Robin Malaikat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 12:14 WIB
Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) nonaktif Rita Widyasari akan menjalani sidang putusan kasus gratifikasi. Dia berharap majelis hakim menjatuhkan vonis yang ringan.
Eks Bupati Kukar Rita Widyasari (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Kesaksian Rita Widyasari dalam persidangan mengejutkan publik. Mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) itu bisa-bisanya sempat mempercayai AKP Stepanus Robin Pattuju sebagai malaikat penolongnya.

Rita Widyasari sebelumnya dijerat KPK dalam perkara suap dan gratifikasi. Perkara itu telah divonis. Rita Widyasari dihukum 10 tahun penjara. Di sisi lain ada perkara tindak pidana pencucian uang yang masih bergulir bagi Rita Widyasari di KPK.

Dalam perkara suap yang menjerat mantan penyidik KPK AKP Robin, Rita disebut memberikan suap untuk pengurusan peninjauan kembali (PK). Disebutkan dalam surat dakwaan, AKP Robin dan koleganya yang seorang pengacara, Maskur Husain, meminta Rp 10 miliar kepada Rita meski pada akhirnya PK yang diajukan Rita itu ditolak.

Pada persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (18/10), Rita dihadirkan jaksa KPK sebagai saksi. Rita mengaku pertama kali dikenalkan ke AKP Robin oleh mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Saat itu Azis Syamsuddin mengajak AKP Robin berkunjung ke Lapas Tangerang tempat Rita menghabiskan masa pidananya.

"Ya beliau (Azis Syamsuddin) bilang 'nanti (Robin) bantu-bantu terkait kasus PK di MA'," kata Rita.

Setelah dikenalkan oleh Azis, Robin dan Rita kerap berkomunikasi. Robin juga bersedia membantu Rita mengurus PK-nya dengan dibantu rekan Robin bernama Maskur Husain.

"Setelah Saudara tahu yang dikenalkan Azis Syamsuddin adalah penyidik KPK, apa yang ada di dalam benak Saudara saat itu?" tanya hakim ketua Djuyamto.

"Malaikat datang. Pikiran saya ada orang nolong saya. Saya kan dalam posisi yang sangat buruk," timpal Rita Widyasari.

Rita mengaku sangat yakin Robin adalah sosok yang akan menolongnya. Apalagi Robin dibawa oleh Azis Syamsuddin, yang merupakan sahabatnya dan orang yang dia percaya.

Lebih lagi Rita menilai hadirnya Robin adalah bentuk perubahan KPK. Dia mengira KPK saat ini sudah berubah tidak seperti KPK sebelumnya.

"Apa sih yang jadi pemikiran Saudara ketika Azis memperkenalkan seorang penyidik KPK, sedangkan saksi kasusnya dijerat KPK. Gimana Saudara percaya orang yang sudah menangkap Saudara akan menolong Saudara?" tanya hakim Jaini.

Rita mengira KPK saat ini sudah berubah dan berbeda saat zaman dia ditangkap. Dia juga tetap berpikir Robin adalah malaikat penolongnya.

"Dalam pemikiran saya, ini sejujur-jujurnya, Yang Mulia, mungkin dalam pikiran saya KPK berubah, mungkin berbeda dengan KPK zaman dulu. Karena dalam pikiran saya tuh pada intinya bahwa apalagi yang kenalkan saya adalah teman saya, sahabat saya, mau percaya saya, sehingga dalam kehidupan saya, ini (Robin) adalah malaikat yang datang," tutur Rita.

Lihat juga Video: Saksi Ungkap 'Atasan' AKP Robin di Sidang, KPK Siap Telusuri

[Gambas:Video 20detik]