Sempat Dikritik, Anies Kini Hadiri Paripurna DPRD DKI Bahas APBD-P

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 11:02 WIB
Paripurna DPRD DKI Jakarta.
Foto: Tiara/detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri rapat paripurna di DPRD DKI Jakarta. Agenda rapat hari ini membahas mengenai perubahan APBD DKI Jakarta Tahun 2021.

Pantauan sekitar pukul 10.20 WIB, Selasa (19/10/2021), Anies tiba di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Dia didampingi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Sedangkan pimpinan DPRD yang hadir adalah Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PAN Zita Anjani dan Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS Suhaimi.

Tak lama setelah Anies tiba di lokasi, sidang paripurna pun dimulai. Sidang dibuka oleh Zita Anjani yang bertindak sebagai pimpinan rapat.

"Rapat mengenai penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap raperda tentang perubahan APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 dan Raperda tentang Utilitas dibuka," kata Zita saat membuka rapat.

Untuk diketahui, ketidakhadiran Anies di sejumlah agenda di DPRD DKI sempat dikritik PDIP. Salah satunya ketika paripurna soal penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman kebijakan umum perubahan anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KUPA-PPAS) APBD DKI Tahun 2021, Kamis (14/10).

Saat itu Wagub DKI Ahmad Riza Patria yang mewakili Anies. Sementara eks Mendikbud itu menghadiri program kolaborasi sosial berskala besar (KSBB) dengan mengunjungi warteg di kawasan Jakarta Timur. Sekretaris Komisi E DPRD dari Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak menganggap Anies sedang menyepelekan anggota Dewan.

"Jadi Pak Anies seolah-olah mau mendegradasi lembaga politik yang representasi rakyat ini. Dia mau menunjukkan, saya lebih bagus ngurusin rakyat daripada ngurusin DPRD, kira-kira begitu. Jadi menyepelekan anggota DPRD," kata Jhonny saat ditemui di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (14/10).

Sebagai informasi, ada dua agenda rapat paripurna hari ini. Rapat dimulai dari penyampaian pandangan fraksi terkait pandangan umum fraksi-fraksi terhadap raperda tentang perubahan APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 dan Raperda tentang Utilitas. Kemudian dilanjutkan oleh penyampaian jawaban Gubernur atas kedua raperda tersebut.

Tonton juga Video: Riza Tanggapi Rapor Merah LBH Buat Anies: Banyak Penghargaan Kami Terima

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)