Round-Up

Mencuat Kritik Kala Merah Putih Tak Berkibar di Thomas Cup

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 08:13 WIB

Menpora Minta Maaf

Menpora Zainudin Amalimeminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia buntut Merah Putih tak bisa berkibar di Piala Thomas. Dia mengatakan akan menginvestigasi terkait penyebab sanksi WADA.

"Harusnya kita menikmati kegembiraan dengan Piala Thomas yang kembali ke pangkuan kita setelah dua dekade, tapi kegembiraan itu berkurang karena tidak bisa menyaksikan bendera Merah-Putih dikibarkan. Atas kejadian itu saya juga mohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia. Kita akan serius menangani ini. Pihak yang nantinya terindikasi menjadi penyebab kejadian ini, tentu juga harus mempertanggungjawabkannya. Ini menjadi pekerjaan pak Okto menginvestigasi dan juga mengakselerasi," ujar Zainudin.

Zainudin dianggap sebagai salah satu yang paling bertanggung jawab atas jatuhnya sanksiWADA.Dia disebut terlalu meremehkan sampai akhirnya sanksi benar-benar membuat Indonesia terkena dampaknya sebagaimana terjadi pada Piala Thomas 2020.

Zainudin pun menegaskan tak pernah meremehkan peringatan WADA.

"Karena saya menerima informasi TDP sudah diperbaiki, ternyata memang sudah diperbaiki. Ini bukan menganggap remeh, tidak. Ini bukan hanya karena sampelnya pada 2021 tidak terpenuhi. Harusnya kalau sudah diklarifikasi, selesai. Ternyata ada pending matters lainnya," ucapnya.

"Kalau ini awalnya saya dapat informasi sudah clear tidak masalah, ternyata belum selesai. Yang diminta WADA juga urusan-urusan sebelumnya. Makanya sekarang kami bikin tim agar WADA segera mencabut sanksi kepada LADI," katanya lagi.


(idn/lir)