Pria di Sumut Perkosa Lalu Bunuh Tetangga Sendiri, Ini Motifnya

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 04:49 WIB
Close up of Hand with knife following young terrified man ,Bandit is holding a knife in hand. Threat Concept
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/chingyunsong)
Jakarta -

Polisi menangkap pelaku pembunuhan seorang ibu rumah tangga, yang terjadi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bilah Hilir, Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut). Sebelum membunuh, tersangka ternyata terlebih dahulu memperkosa korban.

Peristiwa pembunuhan ini terjadi di perumahan karyawan milik perusahaan perkebunan sawit, Bilah Hilir, pada Kamis (14/10) lalu. Korban tewas bernama Susia alias Suryani merupakan istri seorang karyawan perusahaan perkebunan sawit tersebut.

"Tersangka mulanya diamankan untuk dimintai keterangan sebagai saksi pada hari Sabtu (16/10) siang, saat sedang bekerja sebagai pemanen buah kelapa sawit. Kemudian setelah dimintai keterangan, dia mengakui perbuatannya," kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/20/2021).

Deni mengatakan tersangka berinisial AN alias Analisa (30), juga merupakan pekerja di perusahaan sawit tersebut. Karena itu tersangka dan korban tinggal berdekatan di perumahan perkebunan yang hanya berjarak 4 rumah.

Sebelum melakukan pembunuhan tersangka sebenarnya hendak mencuri di rumah korban. Namun saat dipergoki, dia malah memperkosa korbannya yang berlanjut dengan pembunuhan.

Kalah Judi

Deni menceritakan peristiwa ini bermula dari niat tersangka untuk mencuri uang setelah uangnya habis karena kalah judi. Dia kemudian mengamati rumah tetangganya mencari kemungkinan untuk mencuri.

"Jadi pada Rabu (13/10) malam, dia main judi bersama kawannya. Uangnya Rp 700 Ribu habis, ditambah lagi berhutang Rp 1 Juta, karena kalah. Padahal itu untuk bayar angsuran sepeda motornya," kata Deni.

"Lalu pada Kamis (14/10) pagi, dengan membawa kapak, dia kemudian memperhatikan beberapa rumah tetangganya. Saat itu dia melihat pintu warung di rumah korban tidak terkunci. Lalu masuk untuk mencuri di rumah korban," sambungnya.

Ketika sedang menggeledah lemari, korban yang baru dari kamar mandi memergoki tersangka di kamarnya. Korban yang kaget kemudian menegur tersangka, dengan berkata, "Analisa, mau ngapain kau di sini?"

Tersangka kemudian membalas dengan hardikan.

"Diam kau, jangan banyak kali kau cakap," kata tersangka.

Tonton juga Video: Babak Baru Kasus Kapolsek Perkosa Anak Tersangka di Sulteng

[Gambas:Video 20detik]