Agar PPP Jadi Corong Aspirasi Umat, Khofifah Dorong Rangkul Ulama

Erika Dyah - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 23:39 WIB
PPP
Foto: Dok. PPP
Jakarta -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Munas Alim Ulama PPP di Semarang. Dalam kegiatan ini, ia menceritakan awal mula kariernya di bidang politik yang dimulai dari PPP.

"Bahwa dulu pernah ada, anak perempuan ndeso dan sekarang masih ndeso, yang diantarkan oleh PPP menjadi anggota DPR RI. Saya harap ke depan lebih banyak lagi kader-kader yang diantarkan," ungkap Khofifah dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).

Menurut Khofifah, kini PPP tidak hanya menjadi Rumah Besar Umat Islam, namun juga menjadi rumah ulama dan istana umat. Ia mengatakan saat ini menurutnya tinggal bagaimana membuat action plan agar PPP mampu menjadi corong terdepan dalam menyampaikan aspirasi umat Islam.

"PPP harus bersapa langsung dengan umat, dengan jemaah. Kiai-kiai kampung dan ulama kampung harus dilibatkan, karena mereka ini yang menyapa umat secara rutin. Apakah itu jemaahnya puluhan orang atau ratusan orang, PPP harus merangkul mereka semua," katanya.

Ia pun menilai PPP perlu memanfaatkan jaringan organik yang dimiliki, baik dari pusat sampai ranting. Selain jaringan, partai juga perlu jaringan untuk menyapa kalangan milenial.

"Kalau jaringan organiknya sudah kuat maka PPP tidak perlu buzzer, karena gerakan kader di setiap daerah sudah kuat," ujarnya.

Khofifah mencontohkan jika dalam satu provinsi diambil lima kabupaten, satu kabupaten diambil lima kecamatan, kemudian masing-masing kecamatan ada lima desa, terus dihitung sampai tingkat RT/RW.

"Kemudian dari penghitungan tersebut dijadikan pilot project, baru di-breakdown secara detail. Menghitung suara itu sama dengan menghitung perorangan, harus scientific approach dan detail. Harus dilakukan koordinasi, dan ada intervensi secara organisasi," jelasnya.

Khofifah menambahkan jika basisnya per desa, perlu dipastikan struktur yang kuat hingga tingkat ranting kuat serta tingkat kecamatan kuat.

"Saya usul juga jejaring Mbah Maemun Zubair harus disowani. Basis pemilih tradisional dan basis pemilih pemula harus digarap. Ini saya malah seperti konsultan politik," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Khofifah pun mengingatkan PPP untuk melakukan transformasi digital secara masif di lingkungan PPP.

(akn/ega)