Viral Foto Bupati Bone Boyong Pejabat 'Pelesiran' di Acara STQ di Ternate

Zulkipsi Nasir - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 23:01 WIB
Perjalanan dinas Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin bersama sejumlah pejabat Pemkab Bone ke Malut, menjadi sorotan. Warganet mengkritik kegiatan itu. (dok Istimewa)
Perjalanan dinas Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin bersama sejumlah pejabat Pemkab Bone ke Malut, menjadi sorotan. Warganet mengkritik kegiatan itu. (dok Istimewa)
Bone -

Perjalanan dinas Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi bersama sejumlah pejabat di Pemkab Bone ke Ternate, Maluku Utara, menjadi sorotan. Warganet mengkritik kegiatan perjalanan dinas tersebut yang fotonya viral di media sosial (medsos).

Dalam foto yang beredar, tampak Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin didampingi setidaknya 6 orang kepala dinas (kadis) di Bone. Mereka pergi ke Ternate dalam rangka training center Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXVI tahun 2021, di Sofifi, Kota Ternate, Maluku Utara.

Bupati Bone didampingi Kabag Kesra, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Andi Promal Pawi, Kadis Pemerintah Desa, Kadis PUPR, Kadis Perindustrian, Kadis Perkimtan Budiono, camat, dan sejumlah kepala OPD lain. Dari foto yang beredar, mereka tampak berfoto-ria bersama di sejumlah lokasi wisata.

Aktivis hukum sekaligus pegiat media sosial mengkritisi keikutsertaan sejumlah pejabat yang dinilai tidak sesuai dengan tupoksi. Dia menilai keikutsertaan mereka terkesan hanya pemborosan anggaran belaka di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Sebelumnya saya telah mendapat aduan dari masyarakat di YLBH, untuk melaporkan perilaku mereka yang terkesan melakukan pemborosan anggaran. Dengan terlihat aktif memajang foto-foto liburan di sosial media, ini sudah ternilai melukai hati masyarakat Bone itu sendiri di tengah ekonomi yang tidak stabil saat pandemi COVID-19 ini masih berlangsung," kata Ketua YLBH Kenustra, Andi Asrul, kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

Dia menilai adanya kejanggalan terkait anggaran perjalanan dinas yang digunakan yang terkesan dipaksakan oleh para kadis dan dianggap tidak sesuai dengan latar belakang tupoksi dari dinas terkait. Dia pun menunjukkan surat undangan dari pihak Provinsi Sulsel yang keterangannya untuk menghadirkan perwakilan tiap Kabupaten/ kota berlaku hanya untuk 2 orang saja.

Perjalanan dinas Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin bersama sejumlah pejabat Pemkab Bone ke Malut, menjadi sorotan. Warganet mengkritik kegiatan itu. (dok Istimewa)Foto: dok Istimewa

"Saya juga telah membaca surat undangan yang ditujukan hanya kepada Bapak Bupati dan Kabag Kesra Bone. untuk menghadiri STQ di Ternate yang hanya untuk 2 orang saja, namun yang hadir banyak. Kadis yang instansinya tidak ada kepentingan menghadiri acara tersebut juga ikut, ada apa? Ini perlu diaudit, jangan sampai ada maladministrasi. Mereka terkesan membuang-buang uang negara untuk kepentingan yang tidak jelas apalagi saat ini masyarakat bayar pajak aja susah," tambah Asrul.

"Dengan dalih mendampingi Bupati karena Bone akan menjadi tuan rumah MTQ, apa hubungan dinas Perindustrian, Pertarkim, PUPR, Pariwisata, Pemerintah Desa dan para kontraktor dengan Tilawatil Quran. Dan juga sudah diatur di instansinya masing-masing pos anggaran untuk acara seperti itu, kan tidak lucu. Saya juga sangat menyayangkan sikap Pak Bupati," Tutup Asrul.

Simak tanggapan Pemkab Bone terkait viral tersebut di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Minta Maaf ke Menkes dan Menparekraf, Rachel Vennya Siap Disanksi

[Gambas:Video 20detik]