Beredar Foto Rachel Vennya Diduga Karantina di Wisma Atlet, Ini Kata Satgas

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 22:41 WIB
Rachel Vennya
Rachel Vennya (Foto: Instagram @rachelvennya)

Tanggapan Satgas COVID-19 dan Kemenkes

Satgas COVID-19 tak bisa berkomentar banyak terkait dugaan Rachel Vennya berbohong soal tidak menjalani karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan. Satgas masih menunggu penyelidikan polisi.

"Tunggu saja hasil investigasi Polda Metro Jaya," terang juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, kepada detikcom, Senin (18/10/2021).

Hal senada disampaikan Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi. Siti mengatakan masih menunggu hasil investigasi.

"Ini nanti kita tunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh Satgas Karantina Pademangan," tutur Siti.

Rachel Vennya Bantah Karantina

Rachel Vennya mengakui memang kabur dari karantina. Namun Rachel Vennya membantah karantina selama tiga hari di Wisma Atlet Pademangan sebelum kabur.

"Aku tidak karantina sama sekali di Wisma Atlet," kata Rachel Vennya dalam kanal YouTube Boy William, Senin (18/10).

"Aku tidak menginap sama sekali di Wisma Atlet," lanjutnya.

Rachel Vennya juga menepis kabar meminta sekamar di Wisma Atlet Pademangan bersama pacarnya, Salim. Sebab, dia tidak pernah menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan.

"Aku tidak minta sekamar juga. Karena memang kenyataannya aku tidak karantina sama sekali," kata dia.

Selebgram itu pun mengaku salah. Dia juga mengatakan tindakannya kabur dari karantina tidak bisa dibenarkan apa pun alasannya.

"Ini kesalahan aku, 100 persen ya aku salah. Yang pasti sih aku nyesel dan mungkin aku nyesel," ujar Rachel Vennya.

Aturan Karantina di Wisma Atlet

Berdasarkan Keputusan Ka Satgas Covid-19 No.12/2021 tanggal 15 Sep 2021, yang berhak mendapat fasilitas Repatriasi karantina di RSDC Wisma Pademangan adalah:
1) Para pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Indonesia dan menetap minimal 14 hari di Indonesia,
2) Pelajar/Mahasiswa Indonesia setelah mengikuti pendidikan atau melaksanakan tugas belajar dari Luar Negeri dan,
3) Pegawai Pemerintah RI yang kembali ke Indonesia setelah melaksanakan perjalanan dinas dari Luar Negeri.

Kapendam Jaya, Kolonel Herwin, mengatakan ada sejumlah kriteria warga yang boleh dikarantina di Wisma Atlet seperti yang tercantum di atas. Rachel Vennya tidak termasuk salah satunya.

"Pada kasus selebgram Rachel Vennya menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak berhak mendapat fasilitas tersebut," ujar Herwin dalam keterangannya, Rabu (13/10).

Kasus Kabur dari Karantina Diusut Polisi

Polda Metro Jaya tengah menyelidiki kasus kaburnya selebgram Rachel Vennya saat karantina di RSDC Pademangan. Surat panggilan pemeriksaan telah dilayangkan hari ini kepada selebgram tersebut.

"Hari ini kita layangkan surat panggilan klarifikasi kepada RV," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/10/2021).

Dugaan adanya tindakan pidana dari aksi Rachel Vennya itu kini tengah diselidiki. Rachel Vennya direncanakan untuk diklarifikasi di Polda Metro Jaya pada Kamis (21/10) nanti.

Polisi akan menyelidiki kasus ini hingga tuntas. Aksi kaburnya Rachel Vennya ini disebut telah melanggar ketentuan karantina bagi warga negara Indonesia yang kembali ke Tanah Air setelah pergi dari luar negeri.


(isa/jbr)