7 Jam Pemeriksaan, Anak Nia Daniaty Dicecar 42 Pertanyaan soal CPNS Fiktif

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 20:13 WIB
Olivia Nathania (bermasker hitam) usai jalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya soal dugaan CPNS fiktif
Olivia Nathania (bermasker hitam) usai jalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya soal dugaan CPNS fiktif. (Yogi Ernes/detikcom)


Awal Mula Kasus Mencuat

Kasus ini pertama kali mencuat setelah Polda Metro Jaya menerima laporan dari Agustina dan Karnu. Mereka melaporkan Olivia Nathania atas dugaan penipuan CPNS.

"Total korban ada 225 orang. Orang tua Olly mantan penyanyi lawas dan pernah bersuamikan pengacara, inisial ND, dan untuk ibunya lagunya populer (berjudul) 'Gelas Kaca'," kata pengacara Agustina dan Karnu, Odie Hodianto, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/9).

Agustina, yang merupakan mantan guru Olivia Nathania, menyebutkan saat itu Olivia meneleponnya pada 2019 dan menawarkan jasa terkait tes CPNS. Olivia, kata Agustina, menjanjikan bisa meloloskan keluarganya menjadi PNS.

Agustina mengaku mengajak beberapa orang keluarganya untuk daftar CPNS 'jalur anak Nia Daniaty' ini. Sejumlah uang ditransfer Agustina ke rekening Rafly N Tilaar, suami Olivia.


Bantahan Olivia

Olivia Nathania telah membantah tuduhan Agustina dkk. Olivia mengaku dirinya tidak pernah menawarkan tes CPNS, melainkan les CPNS.

"Perlu saya luruskan di sini, adapun saya menyelenggarakan les untuk masuk CPNS, les ya kita bicaranya, bisa dicek nanti tempatnya ada," ujar Olivia kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (30/9).

Olivia mengklaim les CPNS itu memiliki tenaga pengajar. Olivia mengaku menerima uang Rp 25 juta dari penyelenggara les CPNS tersebut.

"Pengajarnya pun ada dan memang saya terima uang dari situ senilai Rp 25 juta per orang. Tetapi dengan nilai Rp 25 juta itu, digunakan untuk apa? Wajar saya punya untung dari situ, tetapi Rp 25 juta ini digunakan untuk les, untuk pengajar, sewa tempat, dan lain-lain," katanya.


(mea/mea)