PPP Tolak Pembubaran Kementerian BUMN: Arahan Jokowi ke Erick Itu Dukungan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 16:51 WIB
Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi
Achmad Baidowi atau Awiek (Eva Safitri/detikcom)

"Harapan kita untuk membuat Perusahaan BUMN kita maju tidak akan pernah terwujud karena kita tidak pernah menyelesaikan akar masalahnya, yaitu akar permasalahan yang paling utama dikarenakan adanya Kementerian BUMN menyebabkan kultur profesionalisme hilang, karena semuanya menjadi serba politis dan dualisme kepemimpinan yaitu antara Kementerian Teknis dan Kementerian BUMN," kata Maman kepada wartawan, Minggu (17/10/2021).

Maman menjelaskan, dualisme yang dimaksud yakni para pimpinan perusahaan BUMN akan lebih patuh terhadap Kementerian BUMN daripada Kementerian Teknis terkait. Menurutnya, itu praktis dilakukan lantaran Kementerian BUMN-lah yang memiliki wewenang mengganti pimpinan perusahaan BUMN.

"Para direksi direksi BUMN itu akan lebih tunduk dan ikut kepada Kementerian BUMN karena yang bisa mengganti posisi mereka itu adalah Kementerian BUMN, sedangkan teknis dan operasionalisasi mereka sehari-harinya dengan Kementerian Teknis. Sangat aneh sehari-harinya mereka bekerja dengan Kementerian Teknis namun yang mengevaluasi dan yang bisa mengganti mereka adalah Kementerian BUMN," ucapnya.


(rfs/gbr)