Capres Idaman Internal PPP: Anies, Erick Thohir hingga Prabowo

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 16:01 WIB
Arsul Sani
Waketum PPP, Arsul Sani (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pekan lalu PPP menggelar Munas Alim Ulama di Semarang dengan menghadirkan tiga gubernur dari Pulau Jawa. PPP menepis anggapan bahwa kehadiran para gubernur itu sebagai ajang mencari capres untuk 2024.

"Munas Alim Ulama PPP di Semarang mengundang 4 gubernur di P. Jawa. Yang datang 3 gubernur, yakni Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Sedang Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berhalangan hadir," kata Waketum PPP Arsul Sani kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

"Ini murni keinginan para alim ulama PPP untuk mengetahui konsep 'Membangun Indonesia dari Daerah' yang mereka jalankan sebagai gubernur. Maka ketiganya mempresentasikan kepada 100-an ulama PPP yang hadir fisik dan 200-an yang hadir secara daring," imbuhnya.

Kehadiran Anies hingga Ridwan Kamil di Munas Alim Ulama PPP, menurut Arsul, hanya untuk menyampaikan capaian di daerah masing-masing. Tak ada pembahasan soal capres 2024 dari para gubernur yang hadir saat itu, kata Arsul.

"Acara ini tidak didesain sebagai 'beauty contest' untuk mencari capres dan cawapres, karena PPP sendiri memang sedang mempersiapkan diri untuk pileg agar perolehan suara dan kursinya meningkat, minimal kembali ke hasil Pemilu 2014. Ketiga gubernur pun tidak bicara pilpres, tapi menyampaikan capaian program mereka sebagai kepala daerah," ujarnya.

Arsul menjelaskan alasan mengundang Anies Baswedan. Kata Arsul, bukan hanya Anies yang diundang, tapi juga Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, dan Ganjar Pranowo. Terkait capres 2024, PPP kata Arsul hanya menerima dari internal hingga para ulama.

"Soal capres-cawapres untuk Pilpres 2024 di PPP sendiri sekali lagi masih cair, terbuka. PPP hanya mendengarkan aspirasi dari kalangan-kalangan internalnya serta ormas-ormas Islam, dan termasuk para alim ulama PPP," ucapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: