BKSDA Jambi Duga Harimau Masuk Perangkap Penyerang Warga Saat Cari Sinyal

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 19:14 WIB
Harimau yang diduga penyerang warga saat cari sinyal ponsel di Merangin, Jambi.
Harimau di Merangin, Jambi, masuk perangkap yang dipasang petugas. (Foto: dok. Istimewa)
Merangin -

Tim gabungan TNI-Polri dan BKSDA Jambi berhasil mengevakuasi seekor harimau Sumatera yang masuk perangkap petugas. BKSDA Jambi menduga harimau itulah yang menyerang salah seorang warga saat mencari sinyal handphone di perbukitan beberapa hari lalu.

"Ini mungkin bisa jadi harimau yang terperangkap ini adalah harimau yang menyerang dua warga di sana," kata Kasubag TU BKSDA Jambi Teguh Sriyanto saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (17/10/2021).

Untuk memastikannya, petugas kembali memasang perangkap dan kamera pengintai. Pemasangan perangkap dan kamera dilakukan untuk memastikan apakah ada harimau lainnya.

"Tetapi kita belum bisa pastikan betul karena tim saat ini masih melakukan pemasangan perangkap dan camera trap. Itu memastikan betul apakah ada harimau lain atau hanya inilah harimaunya," ungkap Teguh.

Harimau yang masuk perangkap itu betina, yang diperkirakan berusia 12 tahun. Saat ditemukan, kondisi tubuhnya kurus dan memprihatinkan.

"Harimau yang berhasil diselamatkan ini berjenis kelamin betina, umurnya sekitar 12 tahun. Kondisi badannya memang kurus (cachaexia). Kondisi harimau ini juga sangat lemah dan memprihatinkan," terang Teguh.

Harimau dewasa ini ditemukan masuk perangkap kemarin. Harimau berukuran panjang 180 cm itu terperangkap dalam kondisi kaki terluka.

"Kakinya luka karena terkena jerat. Harimau ini sudah beberapa waktu tidak mendapatkan makanan, lantaran tim di lapangan juga tidak melihat adanya jejak hewan, seperti babi hutan, rusa, yang dapat ditemui di lokasi tempat harimau ini berada. Mungkin hal itu pulalah yang membuat harimau ini terpaksa menyerang manusia," ujar Teguh.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.



Simak Video "Penampakan Harimau yang Diduga Tewaskan 2 Warga di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]