Wagub DKI: Venue Formula E Masih Ditinjau, Segera Diputuskan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 15:50 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan saat ini pihaknya belum memutuskan lokasi sirkuit Formula E. Riza memastikan venue akan segera diumumkan setelah JakPro dan Formula E selesai melakukan peninjauan.

"Formula E, seperti yang disampaikan, ada lima alternatif, sedang menunggu prosesnya secara teknis akan ditinjau dari utusan Formula E. Insyaallah akan diputuskan," kata Riza saat ditemui di Jalan Kampung Sumur, Klender, Jakarta Timur, Minggu (17/10/2021).

Riza meminta seluruh pihak bersabar menunggu hasil survei lokasi venue balapan mobil listrik itu. Dia menuturkan nantinya JakPro dan FEO akan memilih lokasi sirkuit sesuai standar internasional.

"Ini kan ada dari ofisial kepanitiaan penyelenggaraan di sana. Semuanya ini disesuaikan dengan ketentuan, aturan dan syarat yang ada," jelasnya.

"Saya tidak ingin mendahului, nanti tunggu saja karena harus ditinjau dan dicek dulu," sambungnya.

FIA sebelumnya telah meresmikan Jakarta menjadi salah satu tuan rumah pergelaran balap Formula E pada 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo melalui keterangan tertulis PPID Jakarta, Sabtu (16/10).

Sementara itu, Direktur Utama JakPro Widi Amanasto menyampaikan trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta. Dia ingin masyarakat dunia dapat menyaksikan kemajuan dunia.

"Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor," katanya.

Lihat Video: Di Mana Formula E Jadinya Digelar? Tunggu Pengumuman Oktober Ini

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)